Tentang CMS » Latar Belakang

Latar Belakang

Salah satu kebijakan strategis Kementerian Pendidikan Nasional yang dituangkan dalam Renstra Depdiknas 2005-2009 adalah pemanfaatan secara optimal berbagai sarana seperti radio, televisi, komputer dan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) lainnya untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Diasumsikan bahwa  penggunaan teknologi informasi dan komunikasi melalui multimedia sebagai  cara yang efektif dan efisien dalam menyampaikan informasi. Teknologi yang mendukung cara tersebut makin disempurnakan dari waktu ke waktu. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi melalui multimedia begitu cepat terkadang membuat kita belum siap untuk memanfaatkannya secara maksimal.

Dalam masyarakat  berpengetahuan, peranan ilmu pengetahuan dan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi  sangat dominan. Namun demikian, masyarakat Indonesia yang sebagian masih agraris belum sepenuhnya mampu memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang berkembang sangat pesat dan sekaligus sebagai penggerak utama (prime mover) perubahan masyarakat.

Sejauh ini, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran di sekolah masih kurang optimal. Sebaliknya, dalam menghadapi era globalisasi, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi menjadi kebutuhan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran berbasis ICT   (Information and Communication Technology).

Atas dasar pemikiran tersebut, Balitbang Kemdiknas sebagai lembaga penelitian dan pengembangan di bidang pendidikan memiliki peran yang sangat strategis dalam melakukan pengembangan dan inovasi di bidang pendidikan. Salah satu kegiatan yang dilakukan Balitbang Kemdiknas adalah  Pembuatan Model Website Sekolah sejak Tahun 2009. Hingga saat ini (april 2011) model tersebut telah dipergunakkan oleh 413 sekolah (data terlampir pada menu pengguna).
Galeri Terbaru




Statistik

Total Hits : 1.811.127
Pengunjung : 263.763
Hari ini : 1
Hits hari ini : 59
IP : 54.196.215.114
Proxy : -
Browser : Opera Mini