Cara Membuat Resensi Buku Lengkap

Contoh Resensi Buku Beserta Langkah untuk Menyusun Resensi


Meskipun jaman semakin maju dengan hadirnya internet dan sajian artikel di dalamnya, namun kehadiran buku nyatanya tetap jadi primadona bagi para pecinta literasi. Sebagian buku mungkin juga diubah wujudnya menjadi bentuk buku elektronik.

Namun, kehadiran buku cetak masih cukup banyak dan mudah ditemukan. Membaca di atas kertas memang terasa lebih nyaman bagi sebagian besar orang ketimbang membaca dari layar handphone, tablet atau pc.

Terlepas dari sebuah buku tersebut dibuat dalam bentuk elektronik atau pun dalam bentuk cetak, tentu saja buku tersebut juga perlu diulas atau lebih tepatnya diresensi. Ya, resensi buku sampai saat ini masih sangat diperlukan sebagai salah satu bentuk promosi dan evaluasi.

Cara Membuat Resensi Buku Lengkap

Pengertian resensi buku

Pengertian resensi buku adalah sebuah tulisan yang berisi tentang timbangan atau penilaian seseorang terhadap suatu buku telah diterbitkan dan telah banyak beredar di masyarakat.

Resensi buku ini tidak hanya sekedar penilaian yang dapat disampaikan secara sembarangan. Resensi buku yang baik dan benar harus dibuat dengan cara yang tepat. Terdapat beberapa aspek penting yang harus diperhatikan dalam penulisan resensi buku ini.

Penilaian yang termuat dalam resensi buku ini nantinya dapat dijadikan sebagai referensi bagi orang -orang yang membacanya. Bila resensi tersebut menarik dan mampu menguraikan daya tarik tersendiri dari sebuah buku, maka hal ini dapat menarik banyak orang untuk membeli buku yang diresensi tersebut.


Unsur Unsur Resensi Buku

Cara membuat resensi buku yang baik dan benar sebetulnya tidak sulit. Kita hanya perlu memperhatikan beberapa aspek atau unsur resensi buku yang ada.

Unsur-unsur resensi buku atau yang dinilai di dalam buku tersebut meliputi :
a.       Jenis buku
Penilaian mengacu pada apakah buku tersebut termasuk fiksi atau nonfiksi. Sebutkan pula secara lebih detail apabila buku tersebut buku fiksi, seperti apakah kumpulan cerpen, novel, antologi puisi, atau jenis lainnya.

b.      Kemurnian ide
Penilaian didasarkan pada apakah buku tersebut merupakan hasil karya asli dari penulis, atau mungkin punya kemiripan dengan buku yang pernah terbit, atau bahkan bisa merupakan jiplakan.

c.       Bentuk buku
Bentuk buku meihat pada apakah buku tersebut disusun secara praktis. Apakah terdapat ilustrasi yang tepat pada sampul, bagaimana ilustrasi isi buku, jenis kertas yang digunakan, jenis huruf, dan sebagainya.

d.      Isi buku
Isi buku berusaha mengulas tentang unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik dari buku. Isi unsur ini biasa digunakan untuk meresensi buku fiksi.

e.       Bahasa buku
Bahasa yang digunakan dalam buku artinya mengulas tentang gaya bahasa, penyampaian, keterbacaan, dan hal lain terkait kebahasaan yang digunakan dalam buku tersebut.

f.       Kesimpulan
Kesimpulan ini umumnya berisi rekomendasi apakah buku tersebut layak atau tidak untuk dibaca.

Cara Membuat Resensi Buku

Cara membuat resensi buku dapat dilihat dari beberapa langkah sederhana yang diuraikan berikut ini. Langkah langkah untuk membuat resensi buku :

a.       Melakukan penjajakan pada buku yang hendak diresensi. Hal yang perlu dikenali dalam hal ini meliputi tema buku, penerbit, pengarang, dan katagori buku.

b.      Membaca buku yang hendak diresensi secara tuntas dan intensif untuk memahami isi buku secara mendalam dan menyeluruh.

c.       Memberi tanda pada bagian-bagian yang dianggap penting dan hendak dimunculkan dalam resensi.

d.      Membuaat sinopsis atau inti sari dari buku.

e.       Menentukan sikap terhadap buku yang diresensi. Sikap terhadap buku tersebut meliputi:

1. organisasi atau karangan penulisan, meliputi kohesi dan koherensi antar bagian yang ditulis
2. isi penyataan, meliputi bagaimana bobot ide, penyajian data, analisis, serta pemikiran yang disampaikan;
3. bahasa, meliputi diksi atau pemilihan kata, struktur kalimat, dan penerapan ejaan;
4. aspek teknis, meliputi tata letak, tata wajah, dan lain sebagainya.

f.       Mengoreksi dan merevisi hasil resensi buku yang telah disusun dan memastikan bahwa tulisan yang dihasilkan benar-benar berkualitas.

Susunan bahasa resensi buku

Di dalam resensi buku, terdapat susunan bahasa yang perlu untuk dipenuhi. Susunan bahasa resensi buku meliputi :

a.       Pendahuluan
Pendahuluan menjabarkan tentang gambaran keadaan buku, meliputi judul, nama pengarang, nama penerbit, jumlah halaman, dan sebagainya.
b.      Sinopsis buku
Sinopsis buku mengemukakan isi buku secara ringkas sebagai bukti pemahaman resensator (orang yang meresensi) terhadap isi buku.
c.       Komentar
Komentar berisi komentar resensator terhadap isi buku, yang dapat dilihat dari sudut pandang pribadi tapi tetap professional berdasarkan alasannya.
d.      Kesimpulan, berisi keputusan layak dan tidaknya isi buku tersebut serta manfaat isi buku bagi para pembaca.

Syarat penyusunan resensi

Dalam penyusunan resensi, terdapat beberapa syarat yang perlu dipenuhi agar resensi yang dibuat baik dan benar. Berikut syarat penyusunan resensi :

a.       Singkat dan padat tetapi tetap menyeluruh.
b.      Bersifat objektif.
c.       Jelas dan langsung pada sasaran.
d.      Lugas, jujur, dan sesuai kemampuan pembaca.
e.       Menggunakan bahasa ilmiah.
f.       Memiliki nilai guna atau bermanfaat bagi pembacanya.