Samudra di Permukaan Bumi

Sebelumnya telah dijelaskan tentang kondisi geografi Asia Tenggara. Asia Tenggara diapit oleh dua samudra, yaitu samudra hindia dan samudra pasifik.

Meninjau tentang samudra. Pembahasan kali ini akan memaparkan tentang samudra di permukaan bumi. Seperti yang telah diketahui bahwa luas permukaan bumi mencapai 510.101.000 km2. Di mana dua pertiga dari bumi ini ditutupi oleh air.


Hal di atas menyebabkan bumi ini dinamakan dengan planet air. Wilayah perairan yang sangat luas dan mengelilingi benua – benua yang ada di dunia dinamakan dengan samudra.

Samudra Pasifik
Samudra yang terluas dan terdalam yang ada di dunia, merupakan samudra pasifik. Samudra pasifik ini terdiri dari dua bagian, yaitu samudra pasifik utara yang memiliki luas 75.520.000 km2 dan samudra pasifik selatan yang memiliki luas 93.240.000 km2.

Samudra pasifik ini terletak di antara benua Amerika, Asia, dan Australia. Samudra ini juga menutupi sepertiga dari luas permukaan bumi.

Batas –batas dari samudra pasifik yaitu bagian timur dibatasi oleh benua Amerika. Bagian utara berbatasan dengan selat bering dan samudra Arktik atau lautan es di Kutub Utara. Bagian barat berbatasan dengan benua Asia dan benua Australia. Bagian selatan, berbatasan dengan benua antartika di kutub selatan.

Samudra Atlantik
Luas secara keseluruhan samudra Atlantik yaitu 82.880.000 km2. Samudra Atlantik ini dibagi menjadi dua yaitu samudra atlantik utara yang memiliki luas 36.260.000 km2 dan samudra Atlantik selatan yang memiliki luas 46.620.000 km2.

Batas –batas wilayah yang dimiliki oleh samudra Atlantik, yaitu bagian timur atau tepatnya di bagian tenggara berbatasan dengan Tanjung Pengharapan atau Republik Afrika Selatan. Bagian barat, berbatasan dengan samudra Pasifik, tepatnya di Tanjung Horn atau Amerika Selatan.

Samudra Atlantik ini juga memisahkan benua Afrika, Eropa, Kepulauan Inggris, Pulau Irlandia, dan Pulau Islandia pada bagian timur. Kemudian, pada bagian barat, berbatasan dengan Greenland dan benua Amerika.

Bagian selatan, berbatasan dengan benua Antartika di Kutub selatan. Lebih lanjut, Pulau Islandia pada bagian utara memisahkan samudra Atlantik dengan samudra Arktik di Kutub Utara.

Samudra Hindia
Samudra Hindia ini juga dinamakan dengan samudra Indonesia. Wilayah samudra Hindia sebagian besar di belahan bumi selatan. Luas dari samudra Hindia yaitu 73.426.000 km2.

Batas –batas dari samudra Hindia yaitu bagian timur, dipisahkan oleh Benua Australia, pulau Tasmania, Selandia Bari, dan benua Asia (Kepulauan Indonesia, Malaysia, dan Thailand). Bagian barat, berbatasan dengan benua Asia (Myanmar, Bangladesh, India, Pakistan, dan Semenanjung Arab).

Bagian barat, berbatasan dengan benua Afrika bagian timur dan kepulauan Madagaskar. Bagian selatan, berbatasan dengan benua Antartika di Kutub Selatan.

Samudra Arktik
Letak samudra Arktik berada di sekitar Kutub Utara dan sebagian besar wilayahnya ditutupi es. Suhu yang berada di daerah kutub sangat dingin dan selalu tertutup es, karena paling jauh dari matahari.

Arktik berasal dari Bahasa Yunani, yaitu arktos. Artinya rasi beruang. Nama arktos diambil dari nama gugusan bintang Ursa Major yang berarti beruang besar di belahan langit utara. Daratan yang mengelilingi dan menghubungkan samudra Arktik yaitu benua Asia, Eropa, dan Amerika.

sumber:
L.N Sukanti, D., dkk. 2007. Geografi dan Sosiologi IPS Terpadu SMP. Jakarta: Ganeca Exact.