Pengertian dan Bagian Teks Anekdot

Pada saat ini, teks anekdot sebagian besar digunakan untuk pembuka atau bumbu dalam pidato. Hal tersebut dimaksudkan agar suasana menjadi rileks.
Dalam pelajaran bahasa Indonesia, ada beberapa jenis teks yang dapat kita pelajari. Setelah sebelumnya mempelajari tentang teks berita. Untuk kali ini aksespelajaran.blogspot.com akan memberikan pemaparan tentang pengertian dan bagian teks anekdot. Ada berapa bagian sih dalam teks anekdot? Mari disimak dengan baik – baik.

Pengertian Teks Anekdot

Anekdot merupakan suatu cerita singkat yang menarik. Hal tersebut disebabkan teks anekdot, ceritanya lucu dan mengesankan. Pada umumnya berhubungan dengan orang penting maupun orang terkenal dan berdasarkan pada kejadian yang sebenarnya.

Pada saat ini, teks anekdot sebagian besar digunakan untuk pembuka atau bumbu dalam pidato. Hal tersebut dimaksudkan agar suasana menjadi rileks.

Teks anekdot pada umumnya bersifat sindirian yang alami, sepeti sindiran untuk masalah politik.

Anekdot dapat juga dikatakan sebagai teks yang berisi tentang pengalaman seorang individu yang tidak biasa. Tujuannya untuk memberikan hiburan bagi pembaca maupun pendengar.

Bagian Teks Anekdot

Teks anekdot memiliki beberapa bagian, yaitu:
1. Abstrak merupakan bagian yang terletak di awal paragraf yang berfungsi untuk memberi gambaran tentang isi teks. Pada umumnya, bagian ini akan memuat tentang hal unik yang terdapat di dalam teks.
2. Orientasi merupakan bagian yang menunjukkan tentang awal kejadian atau latar belakang cerita tentang bagaimana peristiwa tersebut terjadi. Penulis akan menceritakan dengan detail, pada bagian ini.
3. Krisis merupakan bagian ketiak muncul masalah yang unik atau yang tidak biasa pada penulis maupun orang yang diceritakan.
4. Reaksi merupakan bagian tentang bagaimana cara penulis atau orang yang ditulis untuk menyelesaikan masalah yang muncul pada bagian krisis.
5. Koda merupakan bagian akhir dari cerita unik yang terjadi atau dapat juga tentang kesimpulan kejadian yang dialami penulis atau orang yang dituju.
Berdasarkan penjelasan di atas, sahabat informasibelajar.com udah paham kan, kalau teks anekdot memiliki lima bagian penting. Silahkan dipelajari sobat.

Sumber:
Tim Guru Eduka. 2015. Mega Book Pelajaran SMA/MA IPA. Jakarta: Cmedia.