Jenis –Jenis Sastra Melayu Klasik

Sahabat informasibelajar.com, pernahkan kamu mendengar tentang sastra melayu klasik? Atau mungkin pernahkan kamu menulis salah satu bentuk sastra melayu klasik? Kali ini informasibelajar.com akan menjelaskan tentang jenis-jenis sastra melayu klasik. Simak baik-baik penjelasan di bawah ini yaa..

Terdapat beberapa jenis sastra melayu klasik, yaitu:
Dongeng. Merupakan suatu karya sastra yang berbentuk prosa cerita yang isinya hanya khayalan atau berupa fantasi pengarang. Dongeng ini dibagi menjadi:
  1. Fabel merupakan suatu cerita tentang kehidupan binatang yang berperilaku seperti manusia. Tujuannya agar menjadi teladan bagi kehidupan manusia pada umumnya.
  2. Parabel merupakan suatu cerita tentang binatang atau benda-benda lain yang mengandung nilai pendidikan. Cerita yang disampaikan merupakan kiasan tentang pelajaran kesusilaan dan keagamaan.
  3. Legenda merupakan suatu dongeng yang dihubungkan dengan keajaiban alam, atau kepercayaan mengenai terjadinya suatu tempat, dan setengahnya juga mengandung unsur sejarah.
  4. Mite merupakan suatu dongeng yang berhubungan dengan cerita jin, peri, roh halus, dewa, dan hal-hal yang berhubungan dengan animisme. Mite ini dipercaya masyarakat sebagai cerita yang benar-benar terjadi.
  5. Sage merupakan suatu dongeng yang mengandung unsur sejarah meskipun tidak seluruhnya. Sage ini juga tidak lepas dari imajinasi dan fantasi.

Hikayat. Merupakan kisah tentang kebesaran atau kepahlawanan orang-orang ternama, para raja, atau para orang suci di sekitar istana dengan segala kesaktian, keanehan, dan muzizat tokoh utamanya. Hikayat kadang juga mirip dengan cerita sejarah atau riwayat hidup seorang tokoh besar dalam sejarah.
Tambo. Merupakan suatu cerita sejarah, yaitu cerita tentang asal-usul keturunan raja atau tentang kejadian.

Wira cerita atau cerita kepahlawanan. Merupakan suatu cerita yang pelaku utamanya merupakan seorang ksatria atau pahlawan yang gagah berani, pandai berperang, dan selalu memperoleh kemenangan.

Demikian penjelasan tentang jenis-jenis sastra melayu klasik. Semoga bermanfaat untuk kalian sahabat informasibelajar.com.

Referensi:
Tim Super Tentor. 2014. 3 in 1 Solusi Cerdas BBM SMA/MA Kelas 1,2, dan 3. Jakarta: Bintang Wahyu.