Monera dan Kingdomnya

Informasibelajar.com, kali ini akan mempelajari tentang mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Khususnya, pada materi Biologi. Mempelajari tentang monera.

Monera dan Kingdomnya

Monera atau organisme prokariota. Monera berasal dari bahasa Yunani yang berarti tunggal. Ciri – ciri yang dimiliki oleh monera yaitu
·           monera merupakan uniseluler atau bersel satu.
·           monera tidak memiliki membran inti atau prokariota.

Monera memiliki dua kingdom, yaitu eubacteria atau bakteri dan archaebacteria atau archae. Bakteri atau eubacteria memiliki ciri – ciri yaitu sebagai berikut.
·           bakteri merupakan organisme yang bersel tunggal atau uniseluler.
·           ukuran sel bakteri berkisar antara 1 – 5 µm, di mana setiap 1 µm sama dengan 1/1000 mm.
·           bakteri hidup di berbagai lingkungan atau habitat.
·           inti sel bakteri tidak memiliki membran inti atau prokariotik.
·           bakteri berkembang biak secara aseksual dengan cara membelah diri.
·           bakteri bergerak dengan flagela atau pili.
·           beberapa jenis bakteri berperan penting untuk proses penguraian zat –zat organik.

Struktur dari bakteri ini terdiri dari struktur bagian luar sel, struktur bagian dalam sel, flagela, dan pili atau fimbriae. Penggolongan bakteri dilakukan dengan beberapa cara yang didasarkan pada letak flagela pada sel bakteri, bentuk tubuh bakteri, pewarnaan gram, didasarkan pada kebutuhan oksigen, di dasarkan pada cara hidupnya, dan pembagian di dalam filum atau divisi.

Penggolongan bakteri berdasarkan pada letak flagela pada sel bakteri, yaitu monotrik, lopotrik, amfitrik, dan peritrik. Penggolongan bakteri yang berdasarkan pada bentuk tubuh bakteri, yaitu vibrio atau koma, spirilum atau spiral, basil atau batang, dan kokus atau bulat.

Penggolongan bakteri berdasarkan pewarnaan gram digunakan untuk mengetahui perbedaan struktur dinding sel. Dibagi menjadi dua jenis yaitu bakteri gram positif dan bakteri gram negatif.

Penggolongan bakteri berdasarkan pada kebutuhan oksigen, yaitu bakteri aerob obligat, bakteri anaerob fakultatif, bakteri anaerob obligat,bakteri anaerob aerotoleran, dan bakteri mikroaerofilik. Penggolongan bakteri berdasarkan pada cara hidup yaitu bakteri autotrof dan bakteri heterotrof.

Penggolongan bakteri berdasarkan pada pembagian dalam filum atau divisi yaitu proteobacteria, bakteri gram positif, spirochetes, chlamydias, dan cyanobacteria atau ganggang hijau – biru.

Reproduksi bakteri secara reproduksi aseksual dan reproduksi seksual. Reproduksi aseksual atau tidak kawin, dilakukan dengan cara membelah diri secara biner. Reproduksi seksual atau kawin terjadi dalam tiga cara yaitu konjugasi, transformasi, dan transduksi.

Bakteri dapat menguntungkan kehidupan sebab bakteri pengikat nitrogen pada tanaman, bakteri nitrifikasi, bakteri penghasil antibiotik, dan bakteri dalam industri makanan. Bakteri dapat merugikan karena menjadi penyebab penyakit pada manusia, hewan ternak, dan tanaman.

Baca juga: Mengenal 7 Kelas dalam Mollusca

Ciri – ciri Archaebacteria yaitu
·           Archae organisme bersel satu.
·           rata – rata archae memiliki ukuran 0, 1 µm – 15 µm.
·           archae memiliki dinding sel yang tidak mengandung peptidoglikan.
·           archae hidup pada kondisi lingkungan yang ekstrim.
·           membran plasma archae mengandung lipid.
·           sel dalam archae belum memiliki membran inti atau prokariotik, namun ribosomnya mirip dengan ribosom eukariotik.

Archaebacteria atau Archae terdiri dari Metanobaceria, Halobacterium, dan Thermoplasma. Thermoplasma dapat dijumpai di dalam air asam yang berasal dari mata air belerang yang panas. Halobacterium merupakan jenis halofil yang hidup di kondisi ekstrim dengan kadar garam yang tinggi.

Metanobacteria merupakan bakteri hemoautotrof. Metanobacteria mampu menghasilkan gas metana atau CH4 dan tanpa membutuhkan oksigen atau anaerob.

Demikian pemaparan tentang materi monera yang terdiri dari dua kingdom yaitu bakteri dan archae. Dengan ciri – cirinya masing –masing.

sumber:
Rahardian, R dan Ananda, A. 2012. Mini Book Master Biologi SMA Kelas X, XI, & XI. Jakarta: PT Wahyu Media.