Dimensi Besaran Fisika

Hal ini merupakan hasil konferensi para ilmuwan di Paris yang membahas tentang berat dan ukuran. Berdasarkan pembahasan besaran, ditemukanlah dimensi.
Kali ini akan memberikan penjelasan tentang dimensi besaran Fisika. Perhatikan penjelasan di bawah ini.

Besaran merupakan sesuatu yang dapat diukur atau hasil pengukuran yang dinyatakan dalam bentuk nilai besaran atau angka dan satuan. Setiap satuan dapat diukur, baik skala besar maupun kecil.

Dasar satuan yang digunakan dalam besaran adalah Satuan Internasional disingkat SI. Hal ini merupakan hasil konferensi para ilmuwan di Paris yang membahas tentang berat dan ukuran. Berdasarkan pembahasan besaran, ditemukanlah dimensi.

Pengertian Dimensi dan Dimensi Besaran Pokok dan Besaran Turunan
Dimensi suatu besaran adalah penggambaran atau cara penulisan suatu besaran dengan menggunakan simbol atau lambang besaran pokok. Hal ini dapat dijelaskan bahwa dimensi suatu besaran menunjukkan cara besaran itu tersusun dari besaran pokok.

Apapun jenis satuan besaran yang digunakan tidak akan mempengaruhi dimensi besaran tersebut. Misalnya satuan panjang dapat dinyakana dalam m, cm, km, dan ft. Keempat satuan ini mempunyai dimensi yang sama yaitu L.

Pada sistem satuan internasional ada tujuh besaran pokok yang berdimensi dan dua besaran pokok tambahan tidak berdimensi. Adapun cara untuk penulisan dimensi dari suatu besaran dinyatakan dengan lambang huruf tertentu dan diberi kurung persegi. Hal ini dapat dijelaskan dalam tabel di bawah ini




Dimensi dari besaran turunan dapat disusun dari dimensi besaran pokok yang dapat dijelaskan sebagai berikut




Masih banyak besaran turunan lainnya yang dapat dibuat dimensinya. Ini dilakukan untuk membuktikan kebenaran dari besaran atau persamaan tersebut. Lebih lanjut, seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan besaran turunan makin meningkat. Oleh sebab itu, dapat dikatakan bahwa dimensi besaran turunan dapat terus diperbaharui.

Baca juga: Pengertian, Bentuk dan Perubahan Energi

Fungsi Dimensi

  1. Menunjukkan kesetaraan beberapa besaran.
  2. Dimensi digunakan untuk membuktikan kebenaran suatu persamaan. Cara yang dapat digunakan untuk membuktikan kebenaran, salah satunya dengan analisa dimensional. Analisis dimensional merupakan cara untuk menentukan satuan dari suatu besaran turunan. Ini dilakukan dengan cara memperhatikan dimensi besaran tersebut. Manfaat dari konsep dimensi, salah satunya untuk menganalisis atau menjabarkan benar atau salahnya suatu persamaan atau fungsi dimensi. Metode penjabaran dimensi atau analisis dimensi menggunakan aturan: (a) dimensi ruas kanan sama dengan dimensi ruas kiri dan (b) setiap suku berdimensi sama. 
  3. Dimensi dapat digunakan untuk menurunkan persamaan suatu besaran dari besaran yang mempengaruhinya. Oleh seban itu, untuk membuktikan hukum fisika dapat dilakukan prediksi dari besaran yang mempengaruhinya. Dari besaran ini dapat ditentukan persamaan dengan menggunakan analisa dimensional. Selain itu, hubungan antar besaran dari sebuah eksperimen dapat ditindaklanjuti dengan analisa ini.

Demikian pemaparan tentang dimensi dalam Fisika. Semoga bermanfaat.