Penjelasan tentang Prinsip, Manfaat, dan Cabang Ilmu Geografi

Informasibelajar.com kali ini akan memberikan penjelasan tentang cabang ilmu geografi. Perhatikan penjelasan di bawah ini.

Prinsip, Manfaat, dan Cabang Ilmu Geografi

Prinsip Geografi

Ada empat prinsip dalam ilmu geografi, yaitu sebagai berikut.
  1. Prinsip persebaran atau distribusi. Merupakan prinsip tentang persebaran bentang alam yang terdapat di permukaan bumi yang berbeda-beda untuk setiap wilayah.
  2. Prinsip deskripsi. Merupakan prinsip tentang suatu fenomena dan gejala yang terjadi yang mengharuskan adanya pendeskripsian, terdiri dari tulisan, tabel, grafik atau gambar.
  3. Prinsip interalasi. Merupakan prinsip yang berhubungan dengan fenomena dan gejala yang terjadi di suatu wilayah tertentu dan memiliki hubungan dengan fenomena dan gejala yang lain.
  4. Prinsip gabungan atau korologi. Merupakan prinsip yang mendeskripsikan tentang ketiga prinsip sebelumnya dan menggabungkannya, sehingga suatu wilayah memiliki karakteristik atau ciri-ciri tertentu.


Manfaat Geografi

  1. Persepsi relasi antar gejala
  2. Wawasan dalam ruang
  3. Memberikan pemahaman global.
  4. Melakukan pemetaan potensi daerah
  5. Menimbulkan rasa kecintaan dan keinginan untuk menjaga


Cabang Ilmu Geografi

Cabang ilmu geografi ini dibagi menjadi dua disiplin ilmu yaitu geografi fisik dan geografi manusia. Geografi manusia merupakan suatu cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang aspek keruangan dari manusia dan segala kegiatannya. Geografi fisik ini mempelajari tentang gejala fisik bumi yang terdiri dari tanah, air dan udara dan segala proses yang terjadi di dalamnya.

Geografi fisik terdiri dari:

  1. Geomorfologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang bentuk permukaan bumi atau lahan dan sejarah terbentuknya.
  2. Geologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang bagaimana proses bumi terbentuk dan mengamali perubahan dari masa ke masa.
  3. Metereologi dan klimatologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang fenomena cuaca dan iklim yang terjadi di bumi.
  4. Ilmu tanah merupakan ilmu yang mempelajari tentang segala aspek tanah baik fisik, jenis, dan segala yang berhubungan dengan permukaan tanah.
  5. Oseanografi merupakan ilmu yang mempelajari tentang seluk beluk kelautan yang terdiri dari arus laut, sifat-sifat salinitas, sedimen laut, dan lain-lain.

Geografi manusia terdiri dari:

  1. Geografi ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari tentang usaha manusia dalam mengolah sumber data alam yang ada di bumi sehingga dapat tercapai kemakmuran hidup manusia.
  2. Geografi politik merupakan ilmu yang mempelajari tentang unit politik, wilayah, kekuasaan, region, perbatasan dan unsur politik internasional.
  3. Geografi penduduk merupakan ilmu yang mengkaji tentang dinamika, keadilan, dan perubahan yang terjadi pada penduduk serta konsekuensi sosial dan ekonomi yang terjadi dalam proses interaksi antar manusia.
  4. Geografi teknik merupakan ilmu yang mempelajari tentang cara memvisualisasikan, menganalisa, dan mengolah informasi geografis dalam bentuk diagram, peta, foto udara, dan citra hasil penginderaan jauh.

Demikian penjelasan tentang ilmu geografi. Semoga bermanfaat.