Macam Macam dan Pengertian Kalimat Majemuk

Apa itu kalimat majemuk?  Dalam materi bahasa Indonesia kita akan mengenal dan mempelajari tentang berbagai jenis kalimat, salah satunya kalimat majemuk nih.

Kalimat majemuk merupakan suatu bentuk kalimat yang luas. Kalimat ini hasil penggabungan atau perluasan kalimat tunggal, sehingga membentuk satu pola kalimat baru disamping pola yang sudah ada. Berdasarkan hubungan pola - polanya, kalimat majemuk ini masih di bagi lagi.

Ada 3 jenis kalimat majemuk berdasarkan hubungan pola - polanya, yaitu
1. Kalimat majemuk setara
2. Kalimat majemuk rapatan
3. Kalimat majemuk bertingkat
4. Kalimat majemuk campuran
Masing-masing penjelasannya, di bawah ini

Kalimat majemuk setara merupakan kalimat gabungan yang hubungan antara pola-pola kalimat yang ada di dalamnya setara atau sederajat. Biasanya dalam kalimat majemuk setara menggunakan penghubung: dan, lagi pula, serta, oleh sebab itu, sedangkan, oleh karena itu, melainkan, padahal, tetapi, atau, baik...maupun.

Kalimat majemuk bertingkat merupakan kalimat tunggal di mana bagian-bagiannya diperluas sehingga perluasan tersebut membantu satu atau beberapa pola kalimat yang baru, disamping pola yang telah ada.

Kalimat majemuk rapatan merupakan kalimat majemuk setara di mana bagian-bagiannya dirapatkan sebab kata-kata/ frasa di dalam kalimat tersebut menduduki jabatan yang sama. Perapatan tersebut diperoleh dengan cara menghilangkan unsur-unsur yang sama.

Kalimat majemuk campuran merupakan kalimat majemuk di mana di dalamnya ada kombinasi kalimat majemuk setara, kalimat majemuk rapatan dengan kalimat majemuk bertingkat.

Daftar Pustaka
Kusmayadi, I. 2008.  Think Smart Bahasa Indonesia untuk Kelas XI SMA/MA Program Bahasa. Bandung: Grafindo Media Pratama.