Tahukah kamu! Apa yang dimaksud dengan sistem ekonomi campuran?

Tulisan ini akan menjelaskan ke kalian semua hal yang berhubungan dengan sistem ekonomi campuran. Seperti yang sudah kita tahu kalau sistem ekonomi di dunia ini ada berbagai macam jenisnya, salah satunya sistem ekonomi campuran. Tulisan ini mengupas tuntas tentang semua hal yang berhubungan dengan sistem ekonomi campuran. Simak baik-baik penjelasan di bawah ini.

Kenalin dulu, apa itu sistem ekonomi campuran!

Sistem ekonomi campuran itu kalau didefinisikan secara umum dimaknai sebagai adanya keterlibatan dari berbagai pihak dalam sistem ekonomi. Pihak yang terlibat ini bisa dari pemerintah maupun swasta yangmana mereka bekerjasama dalam ragka peningkatan kehidupan perekonomian negaranya.

Ada yang menyebutkan kalau sistem ekonomi campuran itu sebagai gabungan dari sistem ekonomi terpusat atau komando dengan liberal atau kapitalis. Di mana dalam sistem ekonomi ini, swasta yang melaksanakan, namun pemerintah juga diperbolehkan untuk campur tangan di dalamnya. Semacam memberikan intervensi untuk kegiatan ekonominya.

Kenapa pemerintah diperbolehkan terlibat? Agar kehidupan perekonomiannya berjalan dengan baik, memberikan manfaat, dan kesejahteraan bagi anggota masyarakatnya. 

Negara-negara di dunia ini ada juga kok yang menganut sistem ekonomi ini untuk menjalankan perekonomian di negaranya. Tapi bagaimana kita bisa tahu kalau suatu negara menggunakan sistem ekonomi ini? Pertanyaan ini dijawab di bab selanjutnya.

Baca juga: Pengertian Badan Usaha

Karakteristik Sistem Ekonomi Campuran

1. Swasta dapat secara bebas melenggang untuk melakukan kegiatan ekonomi namun tetap harus berdasarkan ketentuan yang ada. Pemerintah akan memberikan sejumlah batasan yang harus dilakukan oleh pihak swasta dan pemerintah juga memberikan intervensi jika swasta tidak mampu memenuhi aturan itu. Maka jangan heran jika bukan hanya pihak swasta yang terlibat, namun juga pemerintah.

2. Persaingan pasar yang terjadi diawasi oleh pemerintah dan tentu saja sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
3. Tugas pemerintah ini turut andil untuk mengatur rencana, peraturan atau ketentuan, dan kebijakan dalam rangka kebaikan untuk ekonomi negaranya.

4. Semua sumber daya vital dikuasai oleh pemerintah, apalagi yang berhubungan dengan hajat hidup orang banyak.
5. Produksi barang dan jasa bergantung pada mekanisme pasar.

Kalau gitu, apa keuntungan dan kelebihan sistem ekonomi campuran? Simak penjelasan di bawah ini.

Baca juga: Pengertian Ekonomi Makro

Kelemahan dan Keuntungan Sistem Ekonomi Campuran

Sebelum bicara keuntungan, lebih baik kita bahas dulu nih tentang kelemahannya untuk memberikan gambaran pada kita dalam menerapkan sistem ekonomi campuran. 

1. Pemerintah dalam sistem ekonomi ini bisa dikatakan paling dominan karena memiliki tanggungjawab yang besar dibandingkan pihak lain yang terlibat. Meski demikian, tidak dipungkiri adanya permasalahan dalam negeri yang tidak bisa dihindari, seperti pengangguran dan inflasi.
2. Akibatnya pihak swasta tidak bisa memaksimalkan tujuannya karena intervensi pemerintah.

3. Pemerataan pendapatan juga sulit untuk diwujudkan.
4. Batasan untuk sumber produksi yang dikuasai swasta dan pemerintah, sulit untuk ditentukan.

Kemudian, apa saja keuntungan yang diperoleh suatu negara kalau menjalankan sistem ekonomi ini. Perhatikan penjelasan di bawah ini.

1. Harga barang dan jasa yang dijual bisa dikendalikan agar ekonomi stabil.
2. Hak setiap individu diakui oleh pemerintah.

3. Swasta tidak akan mengeksploitasi sumber daya semaunya sendiri karena disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku.
4. Dua hal yang diutamakan pemerintah yaitu kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.

5. Timbul persaingan bebas yang menyebabkan laju pertumbuhan ekonominya meningkat.
6. Kreativitas dan inovasi rakyat bebas dikembangkan untuk mencapai tujuan masyarakat.

Baca juga: Penjelasan tentang Sistem Ekonomi Liberal, Karakteristiknya, Keuntungan dan Kelemahannya serta Contoh Negara yang Menganut Sistem tersebut

Di atas tadi kan disinggung ada negara yang sudah menjalankan sistem ekonomi campuran. Kali ini akan disebutkan negara mana saja yang sudah menggunakan sistem ekonomi tersebut.

1. Indonesia
2. India
3. Maroko
4. Malaysia
5. Australia
6. Mesir
7. Perancis
8. Filipina

Sekarang sudah mengertikan tentang sistem ekonomi campuran. Di mana dalam sistem ekonomi ini pemerintah dan swasta sama-sama juga berperan dan bekerja sama. Bahkan, negara kita Indonesia juga menjalankan. Jadi, tunggu materi-materi menarik selanjutnya. Selamat belajar.