Profil Benua Asia

Mengenal Apa Saja yang Ada di Benua Asia


Asia merupakan salah satu benua besar yang ada di dunia ini. Karenanya, penting bagi kamu untuk mempelajari dan mengetahui profil benua Asia secara lengkap. Tak hanya benua besar, Asia juga menjadi benua yang penting karena juga menjadi benua letak negara Indonesia berada.

Jumlah negara di Benua Asia tercatat ada 50 negara merdeka. Agar kamu bisa mengetahui profil benua Asia dengan lebih baik, simak artikel berikut ini ya. Terdapat aneka info penting dan menarik tentang benua Asia, mulai dari kondisi wilayah sampai kondisi penduduknya. Semoga bahasan sederhana dalam artikel ini bisa bermanfaat.

Letak dan Luas Wilayah
Benua Asia terletak secara astronomi di antara 77o LU – 11o LS dan 26o BT – 169o BT. Sedangkan secara geografis Asia terletak di antara Benua Eropa dan Benua Australia, juga di antara Samudera Hindia, Samudera Pasifik dan Samudera Atlantik.

Secara geologis daratan Asia dan daratan Eropa bergabung menjadi satu yang dinamakan Daratan Eurasia. Luas Benua Asia adalah 43.998.920 km2, yang meliputi sepertiga luas daratan di bumi.

Batas Wilayah
            Batas – batas wilayah Benua Asia, sebagai berikut :
·         Di utara berbatasan dengan Samudera Arktik dan Selat Bering
·         Di selatan berbatasan dengan Samudera Hindia
·         Di timur berbatasan dengan Samudera Pasifik
·         Di barat berbatasan dengan Laut Tengah (Laut Mediterania) dan Laut Merah
Profil Benua Asia

Bentang Alam
            Secara garis besar bentang alam Asia bergunung – gunung yang intinya dikenal dengan nama Pegunungan Himalaya, dimana puncaknya diberi nama Gunung Everst yang tingginya 8.848 m. Gunung tersebut merupakan gunung tertinggi di dunia. Gunung Everst juga memiliki salju abadi.
           
            Semakin ke timur dan tenggara Pegunungan Himalaya, daerahnya makin landai dan makin lebar seperti bentuk kipas. Dimana daerah tersebut diselingi oleh celah – celah terjal yang menjadi dasar sungai yang mengalir ke wilayah Semenanjung Indocina, Myanmar, Thailand, dan terus ke Semenanjung Malaka.

            Ke arah timur laut mulai dari Pegunungan Hindukush dan Pegunungan Karakorum melebar dan bersambung dengan Pegunungan Khan, Altai Besar, dan gugusan Pegunungan Siberia Selatan.

            Sedang ke arah barat melandai membentuk plato – plato di kawasan Iran dan Anatolia (Turki). Selebihnya berupa pegunungan atau dataran tinggi yang terpisah – pisah di antaranya:
·         Jazirah Arab, sepanjang Laut Merah dan Teluk Aden.
·         Semenanjung India di bagian selatan terdapat Dataran Tinggi Dekan. Di Sri Lanka terdapat kompleks Pegunungan Tujuh Dara dan Gurun Pidurutalagala.
·         Pegunungan – pegunungan di Jepang, Taiwan, Filipina, dan Indonesia.

Sedangkan dataran rendah di Asia terhampar di beberapa kawasan berikut:
·         Di sepanjang aliran Sungai Ob, Sungai Yenisey, Sungai Huang Ho, dan Sungai Yangtse.
·         Dataran rendah di sepanjang aliran Sungai Indus dan Sungai Gangga di Pakistan dan India.
·         Dataran rendah di Semenanjung Indocina, Semenanjungb Malaka, dan Indonesia.
Adapun daerah – daerah depresi (tanah yang turun) membentuk danau – danau besar, yakni Danau Kaspia (393.897 km2), Danau Aral (68.682 km2), dan Danau Baikal (31.500 km2).

Sungai – sungai besar di Asia antara lain Sungai Yangtse (5.520 km), Sungai Mekong (5.186 km), Sungai Huang Ho atau yang dikenal Sungai Kuning (4.672 km), Sungai Amur (4.509 km), Sungai Lena (4.270 km), Sungai Yenisey (4.129 km), Sungai Indus (3.186 km), Sungai Gangga (2.494 km), Sungai Ob (3.400 km), dan Sungai Brahmaputra (2.900 km).

Iklim
            Luas benua mempengaruhi keadaan iklim di Benua Asia. Pembagian iklim Benua Asia sebagai berikut :

Asia Utara
            Wilayah Asia Utara khususnya di Siberia Utara memiliki iklim continental kutub dengan ciri – ciri musim dingin berlangsung lama sedang musim panasnya berlangsung singkat. Curah hujan terbanyak jatuh di dataran rendah sepanjang muara Sungai Amur (1.016 mm/tahun) yang jatuh pada musim panas dan dibawa oleh angin muson tenggara dari laut Jepang.

Asia Tengah
            Kawasan ini beriklim continental kering dengan curah hujan berkisar antara 20 – 101 mm/tahun. Gurun Gobi adalah lokasi terkering di wilayah Asia Tengah.

Asia Barat
            Kawasan ini terutama Jazirah Arab dan Plato Iran memiliki iklim darat (iklim gurun). Curah hujan berkisar antara 254 – 598 mm/ tahun, sedangkan jazirah Anatolia beriklim mediterania dengan curah hujan terbanyak jatuh di pantai timur Laut Hitam, yakni 762 mm/ tahun.

Asia Selatan dan Asia Tenggara
            Kawasan Asia Selatan dan Tenggara beriklim tropic basah dengan curah hujan lebih  dari 2.032 mm/ tahun. Hujan yang turun terbanyak serta berlangsung spanjang tahun tercatat terjadi di kawasan Cherrapunji (Propinsi Assam di India), yakni dengan 11.000 mm/ tahun. Air hujan ini dibawa oleh angin muson barat daya dari Teluk Benggala.

Jepang dan Semenanjung Korea
            Kawasan jepang dan Semenanjung Korea memiliki iklim subtropik dengan curah hujan berkisar pada angka 2.032 mm. tahun. Khusus untuk wilayah Jepang bagian selatan, hujan dibawa oleh angin pasat tenggara dari Samudera Pasifik.

Keadaan Penduduk
Penduduk yang mendiami benua Asia terdiri dari berbagai tip eras yang telah bercampur baur sehingga mengalami proses asimiliasi satu sama lain. Meski demikian, dalam lingkungan wilayah tertentu, masih tetap ada ras- ras yang dominan. Ras-ras tersebut meliputi :

a.       Asia Timur dan Asia Tenggara, yang sebagian ebsar penduduknya merupakan ras Mongoloid.
b.      Asia Utara dan Asia Tengah, mayoritas penduduknya merupakan ras Kaukasoid atau Europeid.
c.       Asia Selatan bagian selatan didominasi oleh ras Kaukasoid dan ras Negroid, misalnya seperti suku bangsa Dravida di India bagian selatan dan di Sri Lanka.
d.      Asia Kecil dan Asia barat (Timur Tengah) bagian utara didominasi oleh ras Europeid dan ras Negroid.
e.       Asia Barat (Timur Tengah) bagian selatan, khususnya negara-negara di Semenanjung Arab (Hadramaut, Oman dan Yaman) didominasi oleh ras Negroid.

Selain kelompok ras tersebut, penduduk yang mendiami kawasan Asia juga dicirikan oleh beberapa kelompok etnis. Kelompok etnis terbesar di Asia ini seperti Arab, Cina, serta Hindustan di India.