Profil Negara Jerman Lengkap

Jerman adalah salah satu negara maju yang cukup populer di dunia. Jerman terkenal karena kehebatannya dalam mengembangkan industri-industri otomotifnya. Ya, ada banyak merk mobil tangguh keluaran Jerman yang diakui kecanggihannya di seluruh dunia.

Selain itu, negara Jerman ini juga sering menarik para wisatawan dari seluruh dunia. Panorama alam dan tata kota wilayah Jerman terkesan begitu khas dan apik. Apalagi, ada begitu banyak spot wisata sejarah Jerman yang begitu megah dan populer.

Ya, sebut saja Brandenburg Gate, Holstentor, Oktoberfest, Frauenkirche Church, Rügen Cliffs, Neuschwanstein, Heidelberg Old City, Cologne Cathedral, Lindau, dan juga Romantic Rhine. Semua tempat wisata ini begitu memukau dan mampu menarik perhatian seluruh wisatawan dunia.

Nah, buat kamu yang ingin mengenal profil negara Jerman lebih jauh lagi dan secara lebih lengkap, kamu bisa melihat sajian data berikut ini. Berikut ada profil negara Jerman lengkap untuk kamu jadikan referensi.

Letak dan luas wilayah Jerman
Wilayah Jerman terletak di wilayah pedalaman daratan benua Eropa. Sebagian besar wilayah Jerman berupa daratan. Hanya sebagian kecilnya saja yang merupakan pantai laut terbuka. Pantai dengan laut terbuka hanya terdapat di Laut Utara dan Pantai Laut Baltik.

Luas wilayah Jerman adalah 357.050 km2, dengan sebagian besar wilayahnya terletak pada dataran raya Eropa dan kaki Pegunungan Alpen. Jika dibandingkan, luas wilayah Jerman hampir sama dengan luas pulau sumatera di Indonesia.

Secara astronomi negara Jerman terletak pada 47o LU – 55o LU dan 6o BT – 15o BT.

Batas wilayah negara Jerman
v  Sebelah utara berbatasan dengan Laut Merah dan Laut Baltik
v  Sebelah selatan berbatasan dengan swiss dan Autria
v  Sebelah barat berbatasan dengan Perancis, Luksemburg, Belgia, dan Belanda
v  Sebelah timur berbatasan dengan Polandia, Ceko, dan Slovakia

Bentang Alam Negara Jerman
Jika dilihat dari segi reliefnya, wilayah Jerman dapat dibedakan atas tiga bagian yakni : kawasan dataran rendah di bagian utaran, tanah tinggi tengah, dan kawasan pegunungan Alpen. Berikut keterangannya :

1. Dataran rendah di bagian utara
Kawasan dataran rendah yang terdapat di bagian utara Jerman merupakan daerah endapan lumpur dan pasir yang berasal dari aliran sungai Ems, sungai Weser, Sungai Elbe, dan sungai Hovel. Endapan ini bermuara ke laut utara dan perairan Laut Baltik.

Pantai laut utara dan Perairan Laut Baltik merupakan pantai yang dangkal dengan teluk – teluk kecil (forden) dan pulau – pulau kecil.

2. Tanah Tinggi Tengah
Kawasan Tanah  Tinggi Tengah merupakan kelompok bukit yang ditutupi oleh tanah loss. Tempat ini adalah bagian tertinggi di bagian barat adalah pegunungan Schwarzwald. Puncaknya terdapat pada Gunung Feldberg (1493 m).

Sementara puncak tertinggi di bagian timur adalah Pegunungan Harz dengan puncaknya Gunung Wurmberg (971 m). Kawasan ini dilalui oleh lembah Sungai Rhein, Sungai Elba, Sungai Weser, dan Sungai Wisla.

3. Kawasan Pegunungan Alpen
Kawasan pegunungan Alpen meliputi pegunungan Alpen Bavaria dengan puncaknya Gunung Zugspitze (2963 m) serta dataran tinggi Bayern. Kawasan ini merupakan bagian dari hulu Sungai Rhein dan Sungai Donau.

Baca juga: Profil Negara Inggris

Iklim
Wilayah Jerman membujur dari utara ke selatan menuju puncak pegunungan alpen. Letak geografis Jerman ini menyebabkan adanya variasi tipe iklim yang dapat dibedakan menjadi dua bagian.

a.      Iklim sedang yang sejuk dan basah.
Tipe iklim ini meliputi daerah pantai atau dataran rendah. Pada bulan Januari, temperatur udara berkisar pada 2o C dan pada bulan Juli berkisar pada 18oC. iklim ini misalnya dialami oleh kota Koln.

Curah hujan yang cukup banyak terdapat di tanah tinggi tengah, yaitu 740mm/ tahun. Selain bervariasi, pada bagian barat wilayah Jerman juga menerima hujan lebih banyak.

Contohnya adalah pada pegunungan Harz dan Pegunungan Schwarzwald yang menerima curah hujan lebih dari 2000mm dalam setahun.

Temperatur yang dapat dikatakan lebih nyaman terdapat di Wurttenberg dan lembah Sungai Rhein. Pada musim panas suhu rata – rata di bulan Juli mencapai 20oC.

b.      Iklim sedang yang kering dan lebih dingin.
Tipe iklim ini meliputi daerah pedalaman di kaki pegunungan Alpen. Musim dingin pada bulan januari suhunya dapat mencapai -2o C dan pada bulan Juli sekitar 17oC, seperti di kota Munchen.

Curah hujan di bagian tenggara akan semakin kecil karena merupakan daerah bayangan hujan, yaitu hanya sekitar 610mm/ tahun.

Bentuk Negara
Setelah perang dunia II, negara Jerman terbagi menjadi dua yakni Jerman Barat dan Jerman Timur. Jerman Barat berbentuk republic federal, yaitu Bundes Republik Deutschland. Negara Jerman Barat mempunyai 11 negara bagian dengan ibu kota di Bonn yang terletak di tepi sungai Rhein. Kepala negaranya adalah presiden federal (Bundesprasident). Bundestag adalah parlemen federal dan perdana menterinya disebut kanselir.

Jerman Timur (deutsche demokratische republik) adalah negara berhaluan komunis. Sejak jabatan presiden dihapuskan pada tahun 1960, kepala negaranya adalah ketua dewan negara. Roda pemerintahan dijalankan oleh dewan menteri di bawah pimpinan ketua, tetapi sebenarnya kekuasaan berada di tangan sekretaris jenderal dan komite sentral partai persatuan sosialis.



Meski sempat berpisah dan memiliki bentuk dan haluan negara yang bertentangan, namun akhirnya sejak tahun 1990 Jerman Barat dan Jerman Timur bersatu. Setelah bersatu kembali, negara Jerman meletakkan ibu kotanya di Berlin.