Profil Negara Thailand

Nama Thailand berarti “tanah orang – orang merdeka”. Dinamakan demikian sebab, merupakan satu – satunya negara di Asia tenggara yang tidak pernah menjadi koloni Eropa. Sebelumnya Thailand pernah dikenal sebagai Siam.


Thailand beribukota di Bangkok. Mata uang yang digunakan di Thailand yaitu Baht. Lagu nasional Thailand yaitu Phleng Chat Thai.

Populasi penduduk di Thailand mencapai 67 juta jiwa. Sebagian besar penduduk di Thailand merupakan anggota kelompok etnis Thai atau Lao. Namun ada juga penduduk keturunan China, Melayu, Khmer atau Kamboja, dan Vietnam.

Luas wilayah Thailand yaitu ± 514.000 km2. Secara astronomi, Thailand terletak pada 60 Lintang Utara – 210 Lintang Utara dan 970 Bujur timur – 1060 Bujur Timur. Batas – batas wilayah Thailand yaitu sebagai berikut.
1.      Sebelah timur berbatasan dengan negara Kampuchea
2.      Sebelah barat berbatasan dengan negara Myanmar dan Laut Andaman
3.      Sebelah utara berbatasan dengan negara Laos dan Myanmar
4.      Sebelah selatan berbatasan dengan negara Malaysia dan Teluk Siam

Negara Thailand memiliki empat wilayah yang berbeda, yaitu
1.      Wilayah daratan tengah adalah daerah yang paling padat penduduknya dan subur
2.      Wilayah barat laut adalah daerah yang bergunung – gunung dan mencakup sebagian besar hutan tropis. Titik tertinggi Thailand yang bernama Doi Inthanon terletak di wilayah barat.
3.      Wilayah timur laut atau dataran tinggi Khorat memiliki tanah yang buruk yang tidak dapat digunakan untuk bercocok tanam
4.      Wilayah selatan adalah jalur sempit tanah di Semenanjung Malaya, yang terdiri atas pegunungan berhutan lebat.

Thailand memiliki iklim tropis dengan tiga musim yaitu panas, dingin, dan hujan. Suhu rata – rata diwilayah Thailand, berkisar antara 180 – 350 C, yang tergantung pada musim dan elevasi. Curah hujan tahunan di Thailand berkisar 1000mm di dataran tengah hingga sekitar 5600 mm di semenanjung selatan.

Wilayah dataran tengah Thailand adalah salah satu daerah yang paling produktif dan digunakan untuk menanam padi. Pesisir Thailand kaya akan kehidupan laut. Timah merupakan mineral yang paling penting dan ekspor utama.

Rumah desa di Thailand terbuat dari kayu dan bambu dan atapnya terbuat dari rumbia dan seng. Pakaian adat tradisonal penduduk Thailand yaitu sarung. Sarung merupakan pakaian yang panjang dan longgar yang digunakan baik laki – laki maupun perempuan, namun kadang – kadang laki – laki menggunakan cawat.

Bahasa resmi yang digunakan Thailand yaitu Thai. Namun, kebanyakan orang berbicara dengan menggunakan dialek Bangkok. Bahasa inggris diajarkan di sekolah – sekolah di Thailand.

Kebanyakan penduduk Thailand beragama Budha. Wat merupakan hiasan dengan ribuan candi Budha. Selanjutnya, hampir 5% penduduk Thailand beragama muslim.

Universitas yang paling bergensi di Thailand yaitu Chulalongkorn dan Thammasat. Kedua universitas tersebut berada di Bangkok. Tingkat melek huruf di Thailand mencapai 90%, sebab warga Thailand sangat menghormati pendidikan.

Thai boxing atau tinju tradisional Thailand menjadi salah satu olah raga favorit penduduk Thailand. Teater tradisional yang paling terkenal di Thailand yaitu Khon. Kehon merupakan sebuah drama koreografis yang didasarkan pada tema Hindu.

Sampai pada tahun 1932, Thailand merupakan negara yang monarki absolut. Namun, pada tahun 1932, setelah revolusi tidak berdarah, pemerintahan berubah menjadi monarki konstitusional. Raja di Thailand menjabat sebagai kepala negara, tetapi kekuatan politik yang dimiliki, sangat sedikit.


Raja Thailand pada saat ini yaitu Bhumibol Adulyadej atau Rama IX, yang telah menduduki tahta sejak tahun 1946. Raja Bhumibol merupakan raja terlama yang masih hidup di dunia. Lembaga legislatif adalah majelis nasional yang terdiri dari dua kamar, yaitu senat dan dewan perwakilan rakyat.