Mengenal Apa itu Geologi?

Pembahasan sebelumnya memberikan pemaparan tentang pelajaran Bahasa Indonesia. Pemaparan tersebut berhubungan dengan majas, peribahasa, kalimat, dan jenis kalimat.

Selanjutnya, akan dijelaskan tentang semua yang berhubungan dengan geografi. Kali ini akan dijelaskan tentang apa yang dimaksud dengan geologi. Seperti yang diketahui untuk menggambarkan suatu wilayah, juga dapat dilihat dari kondisi geologinya.


Geologi merupakan suatu ilmu pengetahuan yang menguaraikan tentang evolusi bumi dan penghuninya secara menyeluruh, bahkan sejak awal pembentukan sampai saat ini, melalui batuan.

Geologi berhubungan dengan jenis batuan yang berada di suatu wilayah. Batuan merupakan semuamaterial padat yang menyusun kulit bumi, baik yang sudah menyatu atau yang masih lepas.

Batuan tersebut terkumpul dari material yang sejenis maupun tidak sejenis yang terikat padat. Terdapat beberapa jenis batuan, yang dibedakan secara umum, yaitu batuan beku, batuan sedimen, dan batuan metamorf.

Batuan beku merupakan suatu batuan yang terbentuk dari pendinginan magma. Batuan beku ini banyak mengandung mineral silikat. Material silikat merupakan suatu material yang mengandung atom oksigen dan silikon.

Berdasarkan tempat terjadinya, batuan beku terdiri dari batuan beku dalam, batuan beku gang, dan batuan beku luar. Batuan beku dalam terbentuk jauh dari dalam bumi dan memiliki bentuk kristal yang besar. Batuan beku gang terbentuk pada saat magma pendingin menuju ke permukaan bumi.

Batuan beku luar terbentuk pada saat magma telah sampai di permukaan bumi. Terdapat tiga jenis batuan beku yaitu granit, andesit, dan basalt.

Batuan sedimen merupakan jenis batuan yang terbentuk dari lapisan – lapisan material atau strata yang berasal dari fragmen- fragmen batuan yang telah ada sebelumnya. Berdasarkan proses terjadinya, batuan sedimen terdiri dari batuan sedimen klastis, sedimen kimiawi, dan sedimen organis.

Batuan sedimen klastis berasal dari endapan fragmen- fragmen batuan hasil pelapukan mekanis, contoh batu pasir. Batuan sedimen kimiawi, ini berasal dari endapan hasil proses kimiawi, contoh batu gamping.

Batuan sedimen organis merupakan suatu batuan yang diendapkan langsuung dari sisa – sisa organisme, contoh gambut.

Batuan metamorf merupakan jenis batuan yang terbentuk pada saat batuan beku dan sedimen mendapat pengarug dari panas dan tekanan yang tinggi, kemudian mengalami perubahan karakteristik batuan yang besar.

Demikian penjelasan tentang kondisi geologi.

sumber:
Widyatmanti, W dan Natalia, D. 2008. Geografi untuk SMP dan MTs VIII. Jakarta: Grasindo.