Pengertian dan Unsur Unsur Kalimat

Sebelumnya telah dijelaskan tentang pengertian dari peribahasa. Peribahasa merupakan suatu kalimat yang tetap susunannya dan mengiaskan maksud tertentu. Ada beberapa peribahasa yang dapat kita pelajari, antara lain

Air beriak tanda tak dalam dalam (orang yang banyak bicara, namun kurang ilmunya).
Bagai air di daun talas (tidak tetap pendirian).
Hati bagai baling – baling (tidak tetap pendirian).

Pembahasan selanjutnya, akan menjelaskan tentang kalimat. Kalimat merupakan satuan bahasa yang terkecil, dalam wujud lisan maupun tulisan, untuk mengungkapkan pikiran yang utuh.

Pada umumnya, kalimat berupa kelompok kata. Meskipun demikian, tidak semua kelompok kata dinamakan dengan kalimat. Struktur kalimat diisi oleh unsur – unsur yang sifatnya relatif tetap.

Unsur – unsur dalam kalimat, yaitu subjek, predikat, objek, pelengkap, dan keterangan. Kelima unsur dalam kalimat tersebut memiliki fungsi yang berbeda – beda dalam kalimat. Masing – masing dapat dijelaskan sebagai berikut.

Subjek merupakan suatu hal yang dibicarakan dalam sebuah kalimat. Contoh: ibu memasak (ibu merupakan subjek).

Predikat merupakan suatu bagian kalimat yang menjelaskan sifat atau perbuatan yang dilakukan oleh subjek. Contoh ibu memasak sayur (memasak merupakan predikat).

Objek merupakan suatu bagian dari predikat. Letak objek selalu di belakang predikat. Pada kalimat aktif, objek dapat dipasifkan. Sedangakan, dalam kalimat pasif, objek dapat diaktifkan. Contoh kalimat aktif: ibu memasak air (air merupakan objek), kalimat pasif: air dimasak ibu.

Pelengkap merupakan suatu bagian kalimat setelah predikat yang tidak bebas dan tidak dapat dipasifkan. Contoh Tino bermain lempar lembing (lempar lembing merupakan pelengkap).

Keterangan merupakan suatu bagian kalimat yang bebas atau dapat ditempatkan di awal, di akhir, atau di antara subjek dan predikat dengan tidak mengubah makna dari kalimatnya.

Contoh keterangan di awal: Tadi siang ibu memasak air (tadi siang merupakan keterangan)
Contoh keterangan di akhir: ibu memasak air tadi siang.
Contoh keterangan diantara subjek dan predikat: ibu tadi siang memasak air.

sumber:
Handiyani, S dan Wildan. 2008. Persiapan UN Bahasa Indonesia untuk SMP/ MTs. Bandung: Grafindo.