Pengertian dan Contoh Pengumuman

Pembahasan sebelumnya telah memberikan pemaparan tentang pengertian diskusi. Diskusi merupakan kegiatan bertukar pikiran yang teratur dan terarah. Terdapat berbagai jenis dalam diskusi, antara lain diskusi panel, simposium, lokakarya, dan seminar.

Pembahasan kali ini akan menyampaikan tentang pengertian pengumuman. Pengumaman merupakan suatu bentuk menyampaikan informasi yang ditujukan pada khalayak. Isi yang disampaikan dalam pengumuman bersifat terbuka. Hal tersebut disebabkan diajukan pada kelompok luar.

Penggunaan kata – kata yang bersifat teknik, sebisa mungkin dihindari dalam pengumuman. Penggunaan kata  ataupun kalimat dalam pengumuman, harus dapat dipahami oleh berbagai kalangan.

Menyampaikan suatu pengumuman merupakan kegiatan berbahasa yang bertujuan untuk memberikan infromasi pada orang lain. Agar suatu informasi dapat dipahami dengan baik, maka pada saat menyampaikan informasi, perlu memperhatikan penggunaan tanda baca, sehingga dapat menghasilkan intonasi yang tepat.

Menyampaikan suatu informasi pada orang yang banyak dan orang yang tidak dikenal sekalipun, dapat dilakukan melalui pengumuman. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pengumuman, yaitu
1.        Maksud dan tujuan dari pengumuman.
2.        Sasaran atau ditujukan pada siapa pengumuman tersebut dibuat.
3.        Siapa yang membuat pengumuman tersebut.
4.        Penggunaan bahasa yang disesuaikan dengan tujuan dan sasaran dari pengumuman.
5.        Bahasa yang menarik, sehingga pengumuman tersebut enak untuk dibaca dan komunikatif. Meskipun demikian tetap harus memperhatikan keefektifan bahasanya.

Contoh pengumuman

Pengumuman
Diberitahukan kepada seluruh siswa Kelas V untuk hadir pada peringatan hari Pendidikan, pada
Hari                 : Selasa
Tanggal           : 12 Juni 2016
Waktu             : 07.30 WIB
Tempat            : Aula sekolah
Mengingat pentingnya acara tersebut, maka para siswa diharapkan dapat menghadiri acara tepat waktu. Terima kasih atas perhatiannya.

Kepala sekolah

sumber:
Handiyani, S dan Wildan. 2008. Persiapan UN Bahasa Indonesia untuk SMP/ MTs. Jakarta: Grafindo.