Profil Negara Laos

Sebelumnya kita membahas tentang negara Australia, yang beribukota di Canberra. Negara Australia ini memiliki suku asli yaitu aborigin. Negara Australia ini juga merupakan benua. Negara ini memiliki enam negara bagian dengan dua daerah teritorial.

Setelah mempelajari banyak hal tentang negara Australia, selanjutnya kita akan mempelajari tentang negara Laos. Negara Laos ini berasal dari kata Ian Xang. Kata tersebut berarti kerajaan jutaan gajah. Wilayah negara Laos ini berada pada daratan dan tidak mempunyai lautan.

Negara Laos ini berada pada tengah Asia Tenggara. Tepatnya di daratan kelompok negara Indocina. Kelompok negara Indocina tersebut yaitu Vietnam, Laos, dan Kamboja yang letaknya saling berdekatan. Kondisi negara Laos dapat dikatakan terbelakang dan berada pada pengaruh ideologi komunis.

Lalu bagaimana letak astronomis negara Laos?

Letak Astronomis Negara Laos

Negara Laos memiliki letak astronomis berada pada lingtang antara 140 Lintang Utara sampai 220 Lintang Utara dan pada garis bujur antara 1000 Bujur Timur sampai 1070 Bujur Timur.
Lebih lanjut, secara geografis, batas – batas negara Laos, yaitu sebagai berikut.
  • Sebelah utara, negara Laos berbatasan dengan RRC dan Vietnam.
  • Sebelah timur, negara Laos berbatasan dengan Vietnam Selatan.
  • Sebelah selatan, negara Laos berbatasan dengan Thailand dan Kamboja.
  • Sebelah barat, negara Laos berbatasan dengan Myanmar dan Thailand.
Demikian, penjelasan tentang letak astronomi dan geografis negara Laos. Selanjutnya, bagaimana kenampakan alam negara Laos?

Kenampakan Alam Negara Laos

Negara Laos yang terletak di semenanjung Indo – cina ini dikelilingi oleh pegunungan dan hutan yang lebat. Pada bagian utara negara Laos inilah letak pegunungan dan dataran tinggi berada. Yang kemudian pegunungan dan dataran tinggi tersebut membentang ke arah timur dengan puncak tertingginya yaitu Gunung Bia, dengan ketinggian 2.820 m di atas permukaan air laut.

Lebih lanjut, pada bagian utara negara Laos ini terdapat dataran tinggi Thran Hin dan Pegunungan Kordillera Annam. Pada bagian barat daya menuju tenggara sepanjang perbatasan dengan Thailand, mengalir sungai Mekong. Selain itu, terdapat sungai Nam Theun dan sungai Xe Banghiang yang melewati negara Laos dan mengalir ke Teluk Tonkin.
Kenampakan alam di negara Laos, dapat dibagi menjadi empat bagian, yaitu:
  1. Bagian barat merupakan pegunungan Annam yang memanjang ke arah timur. Pada sisi timur pegunungan ini menjadi batas alam dengan negara Vietnam.
  2. Dataran tinggi Bolovens yang terbentang didaerah selatan.
  3. Daerah aliran sungai Mekong pada bagian utara dan barat negara Laos.
  4. Rangkaian pegunungan lipatan pada bagian utara yang memotong – motong dataran tinggi dengan puncak tertinggi gunung Pha Bia.
Demikian, kenampakan alam yang dimiliki oleh negara Laos, yang berupa pegunungan, dataran tinggi, dan sungai. Selanjutnya, bagaimanakah kondisi iklim di negara ini?

Iklim Negara Laos

Negara Laos memiliki iklim tropis dan dipengaruhi oleh angin musim. Iklim tersebut ditandai dengan adanya perbedaa antara musim penghujan dan kemarau. Musim kemarau terjadi ketika angin barat daya bertiup. Musim panas dengan curah hujan yang tinggi pada bulan Mei sampai Oktober.

Pada musim penghujan, wilayah Laos mendapat 60 % dari hujan tahunan. Sedangkan, di daerah pedalaman mendapatkan curah hujan rata – rata 1250 mm. Suhu rata –rata berada pada 240 sampai 260 C. Kemudian, suhu udara di daerah selatan mencapai 26,50 C, sedangkan wilayah utara kadang turun sampai 150 C.

Musim dingin yang kering pada negara Laos ini terjadi pada bulan November sampai Februari. Secara garis besar, negara Laos memiliki tiga musim sebagai berikut.

1. Musim hujan yang panas, karena pengaruh angin musim barat daya yang datang ke daerah tersebut.
2. Musim kemarau yang sejuk, karena adanya pengaruh angin yang bertiup dari arah timur laut.
3. Musim pancaroba yang kering dan panas, pada masa peralihan antara musim kemarau dengan musim hujan.

Setelah memahami tentang kondisi iklim di negara Laos, selanjutnya bagaimanakah kondisi flora dan fauna di negara Laos?

Flora dan Fauna Negara Laos

Pada daerah dataran tinggi sebelah selatan negara Loas terdapat hutan yang lebat dan diselimuti lumut. Sedangkan di wilayah utara, suhu lebih dingin dengan curah hujan yang agak berkurang, sehingga tumbuh tumbuhan semacam hutan prairie atau stepa.

Fauna yang terdapat di negara Laos yaitu panther, macan, tutul, gajah, dan harimau.
Dengan kondisi flora dan fauna yang demikian, kemudian bagaimana keadaan penduduk negara Laos?

Keadaan Penduduk Negara Laos

Pada tahun 2002, hasil survey menyatakan bahwa jumlah penduduk Laos yaitu 5.635.957 jiwa. Tingkat pertumbuhan penduduk negara Laos, yaitu 2,3 % per tahun. Di negara Laos ini terdapat 68 etnis. Etnis ini merupakan campuran imigran dari Tibet, Cina, Thailand, dan Myanmar.

Lebih lanjut, suku yang mendiami wilayah Laos yaitu suku Thai, Khmer, dan etnis Cina. Kelompok etnis di negara Laos dibagi menjadi Lao Loum sebanyak 68%, Lao Theung sebanyak 22%, Lao Soung sebanyak 9%, dan etnis Vietnam sebanyak 1%.

Sehari – hari kehidupan penduduk negara Laos beraktivitas sebagai seorang petani. Mereka mengerjakan sawah, ladang, dan kebun. Penduduk negara Laos yang berada pada usia di bawah 25 tahun berjumlah 41 %. Sedangkan, angka melek huruf penduduk di negara Laos yaitu 68,7% dari jumlah penduduk. Hasil tersebut tergolong rendah.

Bahasa yang digunakan oleh sebagian besar penduduk Laos yaitu bahasa Lao. Namun, pada kalangan tertentu, penduduk negara Laos ini menggunakan bahasa Prancis dan bahasa Inggris. Sedangkan, pada kalangan orang – orang pendatang dari Thailand, mereka menggunakan bahasan Thai dan bahasa Palaungwa.

Kemudian, bagaimana kehidupan perekonomian penduduk Laos?


Kegiatan Perekonomian Negara Laos

Kegiatan ekonomi penduduk negara Laos berada pada sektor pertanian. Pertanian ini dijadikan sebagai mata pencaharian yang utama bagi penduduk di sana. Kegiatan pertanian dilakukan di lembah – lembah sepanjang sungai Mekong dan dataran rendah di sekitarnya.

Hasil pertanian penduduk negara Laos yaitu padi, jagung, dan gandum. Hasil perkebunan penduduk negara Laos yaitu tembakau, kopi, kapas, dan opium. Sedangkan, hasil uatama berupa buah –buahan jeruk, pisang, pepaya, dan sayur –sayuran.

Pada sektor peternakan, penduduk Loas mampu menghasilkan sapi, babi, kerbau, dan unggas. Kemudian, hasil tambang negara Laos berupa timah dan biji besi. Kemudian, pada sektor pertambangan menghasilkan gipsum, timah, seng, batu bara, dan bijih besi.

Pada sektor industri. Industri negara Laos yang baru bisa berkembang yaitu industri perkayuan. Bahan batu dari industri ini sangat melimpah dan berasal dari hasil hutan yang melimpah. Selain itu, sektor industri juga menghasilkan pemurnian timah, penggilingan padi, pembuatan batu bara, industri rokok, sepatu, dan barang kebutuhan rumah tangga.

Komoditas ekspor negara Laos yaitu kain, kayu, kopi, barang elektronik, dan timah. Jumlah penduduk miskin negara Laos yaitu 31%, pada tahun 2005.

Gambaran Umum Negara Laos
Bendera Negara Laos: Warna biru melambangkan tentang kekayaan. Warna merah melambangkan tentang revolusi. Roda berwarna putih melambangkan tentang bulan bulat.


Lambang Negara Laos: Pola yang berbentuk bulat dengan ada hiasan dua ikatan padi di pinggirnya. Pagoda merupakan peninggalan kuno, dan sebagai simbol Laos. Roda gigi melambangkan tentang industri. Bendungan sungai melambangkan tentang tenaga air. Hutan dan ladang melambangkan tentang kehutanan. Padi melambangkan tentang pertanian. Pita yang terletak di kedua sisi bagian atas bertuliskan semboyan negara Laos. Pita yang terletak dibagian bawah, bertuliskan republik demokratis rakyat Laos
Nama Asli Negara Laos: Sathanalat Paxathipa Tai Paxaxon Lao
Nama Internasional Negara Laos: People’s Democratic Republic of Laos
Bentuk Pemerintahan Negara Laos: Republik (Republik Rakyat Demokratis Laos)
Kepala Negara Laos: Presiden
Kepala Pemerintahan Negara laos: Perdana Menteri
Luas Negara Laos: 236.800 km2.
Ibu Kota Negara Laos: Vientiane
Pemerintahan Lokal Negara Laos: 13 provinsi
Bahasa Resmi Penduduk Negara Laos: Bahasa Lao. Bahasa lain yang digunakan penduduk Laos yaitu Bahasa Prancis dan Inggris
Mata Uang Negara Laos: Kip
Lagu Kebangsaan Negara Laos: Pheng Xat Lao
Agama yang Dianut Penduduk Negara Laos: Budha, Kristen, dan Animisme.
Semboyan Negara Laos: Perdamaian, kemerdekaan, demokrasi, persatuan, dan kemakmuran.
Tanggal Bersejarah Negara Laos: 19 Juli 1949. Tanggal tersebut juga sebagai tanggal kemerdekaan.
Kemerdekaan: Dari Perancis
Zona Waktu Negara Laos: UTC + 7
Sumber Alam Negara Laos: Timah dan kayu
Kepala Negara Laos:


  • Souphanouvong
  • Phoumi Vingvichit
  • Kaysone Phomvihane
  • Nouhak Phoumsavan
  • Khamtai Siphandon
  • Choummaly Sayasone


Kepala Pemerintahan Laos:


  • Pangeran Phaya Khammao
  • Pangeran Kindavong
  • Pangeran Souvannarath
  • Pangeran Boun Oum
  • Phoui Sananikone
  • Raja Savang Vatthan
  • Pangeran Souvanna Phouma
  • Katay Don Sasorith
  • Pangeran Souvanna Phouma
  • Phoui Sananikone
  • Sounthine Pathammavong
  • Kou Abhay
  • Paneran Somsanith
  • Pangeran Souvanna Phouma
  • Pangeran Boun Oum
  • Pangeran Souvanna Phouma


sumber:
Adisukarjo, S dan Ningsih, R. 2007. Horizon IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Jakarta: Yudhistira.
Suparman. 2008. IPS 6 untuk Sekolah Dasar/ MI Kelas 6. Jakarta: Grasindo.
Pujiastuti, Y.S., dkk. 2007. IPS Terpadu 3B untuk SMP dan MTs Kelas IX Semester 2. Jakarta: Erlangga.
Widyatmanti, W dan Natalia, D. 2008. Geografi untuk SMP dan MTs. Jakarta: Grasindo.
Mu’in, I. 2004. Pengetahuan Sosial Geografi SMP Kelas 3. Jakarta: Grasindo.
Sugiharyanto. 2007. Geografi dan Sosiologi SMP Kelas IX: Seri IPS. Jakarta: Yudhistira.
http://www.wikiwand.com/id/Daftar_Perdana_Menteri_Laos
http://www.wikiwand.com/id/Daftar_Presiden_Laos
http://indonesian.cri.cn/481/2010/01/06/1s106381.htm