Kerja Sama Negara Maju dan Negara Berkembang

Pembahasan sebelumnya telah memberikan pemaparan tentang karakteristik negara berkembang dan karakteristik negara maju. Bahkan, dalam pembahasan tersebut juga dijelaskan kelompok negara maju dan negara berkembang.

Pembahasan kali ini akan menjelaskan tentang kerja sama negara maju dan negara berkembang. Kerja sama yang dilakukan oleh negara maju dan negara berkembang, dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Faktor – faktor yang mendorong kerja sama antara negara maju dan negara berkembang, yaitu ketidakmampuan suatu negara berkembang untuk mengelola sumber daya alam. Kemudian, kualitas sumber daya manusia yang tidak merata. Terakhir, penguasaan teknologi yang tidak optimal.

Terdapat beberapa bantuan yang diberikan oleh negara maju pada negara berkembang. Bantuan tersebut berupa pinjaman modal untuk pembangaun, beasiswa, dana pendidikan, di bidang kesehatan, rehabilitasi bencana alam, dan lain –lain yang digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, peningkatan kualitas, dan keterampilan penduduk.

Selain itu, untuk mengurangi angka kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan penduduk di negara berkembang. Tekanan demografi suatu negara berkembang, disebabkan oleh jumlah penduduk yang besar dan angka pertumbuhan penduduk yang tinggi.

Hal di atas juga mendorong berbagai permasalahan, seperti peningkatan kemiskinan, tenaga kerja yang tidak dapat terserap lapangan pekerjaan, pelayanan kesehatan yang tidak memadai. Selain itu, tingginya angka kematian bayi dan kualitas dari lingkungan yang buruk.

Bahkan, di negara –negara yang terdapat di benua Afrika masih mengalami perang saudara. Hal tersebut menyebabkan tidak dapat melaksanakan pembangunan sebagaimana mestinya.

Timbal balik dari kerja sama tersebut, negara maju yang perekonomiannya merelokasikan industrinya ke negara berkembang, yang kaya akan sumber daya alam dan mineral dan sumber daya manusia yang berlimpah.

Relokasi dari industri ini mendorong efisiensi biaya dan peningkatan keuntungan yang tinggi karena bahan baku yang melimpah dan tenaga kerja yang murah. Di bawah ini akan dijabarkan tentang perbandingan antara negara maju dan negara berkembang yang diperoleh dari World Population Datasheet 2007.

Indikator
Barang atau Jasa
Negara Berkembang
Dunia
Jumlah penduduk
1.221.000.000 jiwa
5.404.000.000 jiwa
6.625.000.000 jiwa
Angka pertumbuhan penduduk
0,1%
1,5%
1,2%
Angka rata-rata kematian bayi
6
57
52
Angka kelahiran
11
29
21
Angka harapan hidup
77
66
68
Pendapatan per kapita
$ 26.980
$ 5.480
$ 9.940
Luas wilayah
19.814.584 mil2
31.975.017 mil2
51.798.601 mil2

sumber:
Widyatmanti, W dan Natalia, D. 2008. Geografi untuk SMP dan MTs. Jakarta: Grasindo.