Dialog Interaktif

Informasibelajar.com kali ini akan menjelaskan tentang pengertian dan hal – hal yang harus dilaporkan setelah menyaksikan dialog. Silahkan di simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian Dialog Interaktif

Tim Guru Indonesia (2011) menyatakan dialog merupakan suatu percakapan antara dua orang atau lebih. Dialog interaktif merupakan suatu dialog yang dilakukan pada televisi atau radio yang dapat melibatkan pemirsa dan pendengar melalui telepon.

Acara tersebut menghadirkan seorang pembawa acara dan beberapa narasumber. Dialog sering kali dilakukan untuk membahas topik yang sedang hangat di tengah masyarakat,
Pada saat menyimak dialog, sering kali terdapat informasi tersirat yang disampaikan oleh narasumber.

Informasi tersirat merupakan suatu informasi yang tidak dikemukakan secara langsung. Sehingga kita harus benar – benar menyimak pendapat yang disampaikan oleh narasumber.
Tujuannya agar mampu menyimpulkan isi dan memahami informasi yang terdapat dalam dialog tersebut.

Contoh dialog interaktif yaitu kick andy, today’s dialog, halo polisi, dan lain – lain.
Kusmayadi, dkk (2008) menyatakan kegiatan dialog interaktif sama halnya dengan percakapan biasa, hanya saja ada masalah khusus yang menjadi topik pembicaraan.

Prinsipnya dialog interaktif merupakan kegiatan berdiskusi atan brainstorming atau sumbang saran dalam sebuah diskusi. Brainstorming merupakan suatu pengajuan usul atau pendapat secara tidak terbatas dalam suatu pertemuan untuk memecahkan masalah.

Kesimpulan hasil diskusi dapat diambil dengan cara mendengar dan memahami secara baik. Kemampuan mendengarkan sangat dibutuhkan untuk menangkap semua isi pembicaraan yang disampaikan narasumber dalam dialog interaktif tersebut. Jika dialog tersebut disiarkan melalui televisi, maka penonton tidak dapat bertanya secara langsung tentang hal yang tidak dipahami.

Tahapan dalam dialog interaktif menurut Tarigan dalam Tim Guru Indonesia (2011) yaitu tahap mendengar, memahami, menginterpretasi, mengevaluasi, dan menanggapi. Setelah tahapan tersebut dilalui, maka isi pembicaraan dalam dialog interaktif baru baru dapat disimpulkan.

Kemudian, setelah disimpulkan kemudian dapat memberikan komentar tentang yang disampaikan oleh narasumber dalam kegiatan dialog tersebut. Komentar yang diberikan tentu saja harus sesuai dengan isi pembicaraan. Selain itu didasarkan pada alasan yang logis dan bahasa yang santun.

Hal – Hal yang Dilaporkan setelah Menyaksikan Dialog
Tim Guru Indonesia (2011) menyatakan hal – hal yang dilaporkan setelah menyaksikan dialog, yaitu
1. Nama stasiun televisi atau radio
2. Nama acara
3. Waktu penayangan
4. Topik pembicaraan
5. Narasumber
6. Pewawancara
7. Hal – hal penting yang dibicarakan

Demikian penjelasan tentang dialog interaktif. Semoga artikel ini dapat membantumu dalam memahami tentang dialog interaktif. Selamat belajar.

Sumber:
Tim Guru Indonesia. 2011. Target Nilai Rapor 10 Kupas Habis Semua Pelajaran SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Wahyumedia.
Kusmayadi, I., dkk. 2008. Be Smart Bahasa Indonesia untuk Kelas IX SMP/MTs. Bandung: Grafindo.