Pengertian dan Jenis Teks Iklan

Sebelumnya kita telah belajar tentang slogan. Slogan dapat kita temui diiklan – iklan. Biasanya iklan ini digunakan untuk menarik minat konsumen agar tertarik dengan barang yang dihasilkan.

Pembahasan ini informasibelajar.com akan menjelaskan tentang iklan. Iklan merupakan pemberitahuan yang ditujukan pada khalayak tentang barang atau jasa yang dijual.

Dalam pembuatan iklan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan iklan. Hal tersebut, yaitu:
1.        Menggunakan bahasa yang singkat, menarik, hemat, dan komunikatif.
2.        Dapat merangsang keinginan untuk membeli atau memenuhi semua yang diiklankan.
3.        Alamat terperinci dan dilengkapi dengan nomor telepon.
4.        Isi dibatasi atau tidak melebihi kolom yang disediakan.
5.        Isinya tidak boleh menyesatkan.

Jenis Iklan
Iklan memiliki beberapa jenis, yang dibedakan berdasarkan tujuannya, yaitu sebagai berikut.
1.        Iklan reklame merupakan suatu iklan niaga yang isinya memperkenalkan suatu barang. Iklan ini pada umumnya dibuat dengan kalimat yang berisi tentang semboya, singkat, penuh aksi, dan terasa hidup. Dalam iklan, juga didominasi oleh gambar yang menarik dan mencolok.
2.        Iklan pengumuman merupakan suatu iklan nonniaga yang berisi tentang pemberitahuan tentang hal – hal yang berhubungan dengan urusan dan kepentingan dari masyarakat luar, antara lain penerangan atau pemberitahuan insan keluarga.
3.        Iklan penawaran atau permintaan merupakan suatu iklan niaga yang berisi tentang penawaran atau permintaan agar orang lain bersedia untuk bekerja sama dengan pemasang iklan.

Demikian penjelasan tentang pengertian dan hal –hal yang harus diperhatikan dalam iklan. Selain itu, iklan juga memiliki berbagai jenis berdasarkan tujuannya.
Supriatna, A. 2007. Bahasa Indonesia untuk Kelas IX. Bandung: Grafindo.