Manfaat Virus bagi Kehidupan Manusia

Virus memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia. Meskipun ada juga virus yang dapat merugikan kehidupan manusia.

Salah satu manfaat virus bagi kehidupan manusia yaitu adanya vaksin yang dapat digunakan untuk mencegah suatu penyakit. Para ilmuwan membuat vaksin dari virus yang telah dilemahkan atau virus yang mati.

Virus yang dibuat berasal dari virus yang mati dibuat dengan cara membunuh virus dengan menggunakan bahan kimia. Vaksin tersebut kemudian disuntikkan ke dalam tubuh manusia dan menyebabkan tubuh menghasilkan antibodi atau zat lain yang resisten terhadap virus.

Vaksin yang telah dibuat dari virus yang dilemahkan dibuat oleh seorang anti virus dengan sangat teliti. Selain itu, virus juga dapat digunakan untuk membasmi hama secara biologis. Pada waktu yang akan datang, bakteriofage dapat dikembangkan menjadi obat yang dapat digunakan untuk membunuh bakteri yang dapat menimbulkan penyakit.

Virus juga berperan penting dalam bidang rekayasa genetika. Artinya untuk kloning gen yang bermanfaat bagi kepentingan manusia. Virus juga dapat digunakan untuk terapi gen manusia sehingga diharapkan penyakit genetis, antara lain diabetes dan kanker dapat disembuhkan.

Demikian penjelasan dari manfaat virus, yaitu vaksin untuk mencegah penyakit, untuk membasmi hama secara biologis, untuk rekayasa genetika, dan terapi gen. Selamat belajar sahabat informasibelajar.com.


sumber:
Karmana, O. 2007. Cerdas Belajar Biologi untuk Kelas X SMA/MA. Bandung: Grafindo.
Aryulina, D. 2004. Biologi SMA dan MA untuk Kelas X. Jakarta: Erlangga.