Pengertian dan Makna Ideologi

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Pancasila merupakan ideologi negara. Lalu apa sih yang dimaksud dengan ideologi dan apa maknanya bagi suatu negara?


Pengertian Ideologi

Ideologi berasal dari kata “idea”. Artinya gagasan, konsep, pengertian dasar, cita – cita. Dan dari kata “logos”. Artinya ilmu.

Ideologi merupakan ilmu pengertian dasar, jika diartikan secara harfiah. Dalam kehidupan nyata, idea disamakan artinya dengan cita – cita. Dimana cita – cita merupakan sesuatu yang tetap yang harus dicapai, sehingga cita – cita yang bersifat tetap tersebut merupakan dasar, pandangan atau paham.

Hakikatnya, antara dasar dan cita – cita merupakan satu kesatuan. Dasar ditetapkan karena suatu landasan, asas, atau dasar yang telah ditetapkan pula. Oleh karena itu, ideologi mencakup pengertian tentang ide – ide, pengertian dasar, gagasan, dan cita – cita.

Arti ideologi secara umum, yaitu kumpulan dari gagasan – gagasan, ide – ide, keyakinan – keyakinan, kepercayaan – kepercayaan yang menyeluruh dan sistematis, yang berhubungan dengan bidang politik, sosial, kebudayaan, dan keagamaan.

Sedangkan ideologi negara merupakan suatu cita – cita negara atau cita-cita yang menjadi basis bagi suatu teori atau sistem kenegaraan untuk seluruh rakyat dan bangsa yang bersangkutan pada hakikatnya merupakan asas kerohanian, antara lain memiliki derajat yang tertinggi sebagai nilai hidup kebangsaan dan kenegaraan.


Makna Ideologi bagi Suatu Bangsa

Pada hakikatnya, ideologi merupakan suatu hasil refleksi manusia berkat kemampuannya mengadakan pengembangan terhadap dunia kehidupannya dalam wujud suatu dialektis antara ideologi dan masyarakat negara.

Ideologi mencerminkan cara berpikir masyarakat, bangsa, dan negara dan mengarahkan masyarakat menuju cita-citanya.

Ideologi membimbing bangsa dan negara untuk mencapai tujuannya melalui berbagai realisasi pembangunan. Hal tersebut disebabkan dalam ideologi terkandung suatu orientasi praktis.

Agar ideologi dapat menampung aspirasi para pendukungnya untuk mencapai tujuan dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, maka ideologi harus bersifat dinamis, terbuka, antisipatif dan mampu mengadaptasikan dirinya dengan perkembangan zaman.

Menarik bukan membahasa tentang pengertian ideologi dan maknanya bagi negara. Semoga artikel ini dapat membantu sahabat informasibelajar.com untuk memahami tentang ideologi. Selamat belajar.

sumber:
Mochlisin. 2007. Kewarganegaraan untuk SMP Kelas VIII. Jakarta: Interplus.