Pengertian, Syarat, dan Teknik Paragraf Eksposisi

Informasibelajar.com kali ini akan menjelaskan tentang sub bahasan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pokok bahasan ini berhubungan dengan paragraf eksposisi. Apa pengertian dari paragraf eksposisi, syarat dan tekniknya? Akan dijelaskan di bawah ini.

Pengertian Paragraf Eksposisi

Paragraf eksposisi merupakan suatu paragraf yang bertujuan untuk memaparkan, menjelaskan, menyampaikan informasi, mengajarkan, dan menerangkan sesuatu tanpa disertai dengan ajakan atau desakan agar pembaca menerima atau mengikutinya.

Paragraf eksposisi dapat digunakan untuk memaparkan pengetahuan, definisi, pengertian, langkah – langkah suatu kegiatan, metode, cara, dan proses terjadinya sesuatu.

Syarat Penyusunan Paragraf Eksposisi

1. Mampu menganalisis apa yang akan diungkapkan
2. Menguasai apa yang akan dituliskan
3. Mampu mengungkapkan analisisnya secara jelas dan konkret melalui bentuk bahasa yang digunakan.

Teknik Menyajikan Informasi dengan cara Eksposisi

1. Teknik Identifikasi merupakan suatu teknik pengembangan paragraf eksposisi yang berusaha untuk memberikan jawaban atas pertanyaan “apa itu?” atau “siapa itu?”
2. Teknik klasifikasi merupakan suatu teknik pengembangan dengan menempatkan atau mengelompokkan suatu hal dalam suatu kelompok aspek atau kategori tertentu.
3. Teknik perbandingan merupakan suatu cara untuk menunjukkan kesamaan dan perbedaan – perbedaan antara dua objek atau lebih dengan menggunakan dasar tertentu.
4. Tenik definisi merupakan suatu proses yang berusaha untuk meletakkan batas – batas makna dari unsur kata itu sendiri.
5. Teknik analisis merupakan suatu cara untuk membagi – bagi, melepaskan, atau menguraikan suatu objek ke dalam komponen – komponen.

Demikian pemaparan tentang paragraf eskposisi. Semoga dapat membantu sahabat dalam memahami tentang paragraf eksposisi.

Sumber:
Kusmayadi, I. 2007. Think Smart Bahasa Indonesia untuk Kelas IX SMA/MA. Bandung: Grafindo.
Wiyanto, A. 2007. Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA & MA. Jakarta: Grasindo.