Sejarah Kerajaan Singosari

Sebelumnya informasibelajar.com telah menjelaskan tentang sejarah Kerajaan Kediri. Dimana kerajaan ini pernah mengalami konflik yang menyebabkan runtuhnya Kerajaan Kediri dan wilayahnya. Kemudian menjadi bagian dari kerajaan Singosari yang didirikan oleh Ken Arok.

Kerajaan Singosari

Kali ini, informasibelajar.com akan menjelaskan tentang Kerajaan Singosari. Perhatikan baik-baik penjelasan di bawah ini.

Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, Kerajaan Singosari didirikan oleh Ken Arok. Ken Arok memiliki gelar Sri Rangga Rajasa Sang Amurwabhumi. Kisah kehidupan Ken Arok menjadi inspirasi untuk pengarang hingga saat ini.

Kisah tersebut pada mulanya berasal dari kitab Pararaton dan Negarakertagama yang ditulis oleh Mpu Prapanca pada zaman Majapahit. Kejayaan kerajaan Singosari mencapai puncaknya pada pemerintahan Sri Maharajadiraja Sri Kertanegara.

Kertanegara mampu melakuka konsolidasi dengan menempatkan pejabat sesuai dengan tugasnya. Bahkan, tidak segan-segan untuk mengganti pejabat yang dipandang kurang berkualitas. Raja juga melakukan persahabatan dengan kerajaan besar, salah satunya kerajaan Campa.

Politik pemerintahan yang dilakukan oleh kertanegara, menyebabkan kerajaan Singosari menjadi berkembang dan menjadi kerajaan terkuat di Nusantara, baik di perdagangan maupun militer.

Runtuhnya Singosari disebabkan oleh dua hal, yaitu tekanan luar negeri dan pemberontakan dalam negeri. Tekanan asing datang dari Khubilai Khan dari Dinasti Yuan di Cina. Khubilai Khan menghendaki Singosari menjadik taklukan Cina, namun ditolak oleh Kertanegara.

Penolakan disampaikan dengan cara menghina utusan Khubilai Khan yang bernama Meng-chi. Semenjak saat itu, konsentrasi Kertanegara fokus pada usaha untuk memperkuat pertahanan lautnya.

Di tengah – tengah usaha untuk menghadapi serangan dari Kekaisaran Mongol, tiba- tiba penguasa daerah Kediri yaitu Jayakatwang melakukan pemberontakan. Kediri sebagai wilayah kekuasaan yang terakhir Wangsa Isana, memang berpotensi untuk melakukan pemberontakan.

Sebenarnya Kertanegara telah memperhitungkannya, sehingga mengambil menantu Ardharaja, anak Jayakatwang. Namun langkah yang dilakukan oleh Kertanegara tidak efektif. Jayakatwang menyerbu ibu kota pada tahun 1292. Jayakatwang berhasil membunuh Kertanegara dan menguasai istana.

Demikian pemaparan singkat tentang Kerajaan Singosari. Semoga dapat membantumu dalam memahami sejarah kerajaan di Indonesia.

referensi:
Angkasa, I.K.T. Tanpa Tahun. Sejarah untuk SMA/MA Kelas XI IPS. Jakarta: Grasindo.