Mengenal Profil Negara India

Kurang lebih selama 300 tahun India dijajah oleh Inggris, dan dapat memperoleh kemerdekaannya pada 15 Agustus 1947. Namun, pada saat itu Pakistan masih bagian dari India. Fakta unik lainnya hingga saat ini India masih menjadi anggota Persemakmuran Inggris.

Profil Negara India

Letak dan Luas Wilayah

India secara astronomis terletak di antara 8oLU – 37oLU dan 68oBT – 97oBT. Sedangkan, secara geografis India berada di kawasan Asia Selatan. Wilayah India berupa semenanjung dengan luas 3.316.500 km2.

Batas Wilayah India

Sebelah utara India berbatasan dengan Nepal, Bhutan, dan China.
Sebelah selatan India berbatasan dengan Sri Lanka, dan Samudera Hindia.
Sebelah timur India berbatasan dengan Bangladesh, Myanmar, dan Teluk Benggala.
Sebelah barat India berbatasan dengan Pakistan dan Laut Arab

Bentang Alam India

India dapat dibagi menjadi tiga daerah berdasarkan bentang alam, yakni:
  1. Daerah pegunungan Himalaya di bagian utara. Dimana daerah ini terdiri atas deretan pegunungan dengan dataran tinggi dan lembah besar, misalnya dataran tinggi Kashmir dan lembah kulu. Sedangkan, pegunungan utama daerah ini adalah pegunungan Himalaya. Dimana, puncak tertingginya adalah Mount Everest (Gauri Sangkar) yang tingginya 8.848 meter. Letak gunung tersebut di wilayah Nepal, dan selalu tertutup salju abadi.
  2. Dataran rendah Gangga di bagian tengah. Dataran ini memiliki panjang 2.400 km. Dataran rendah ini dialiri oleh dua sungai, yakni sungai Gangga dan sungai Brahmaputra. Daerah ini juga sebagai pusat pertanian di India dan paling padat penduduknya. Dataran rendah Gangga pun merupakan dataran alluvial yang subur.
  3. Semenanjung India bagian selatan yang pada umumnya merupakan perbukitan dan pegunungan yang disebut plato dekan. Daerah ini memiliki ketinggian antara 456 – 1.220 m. Pada bagian timur dan barat dari semenanjung tersebut terdapat ghats (pegunungan), yakni ghats barat dang hats timur. Dimana, masing – masing membentuk dataran pantai Malabar dan pantai koromandel. Sedangkan, dibagian selatannya terdapat bukit Nilgiri.

India juga memanfaatkan sungai – sungai besarnya sebagai alat transportasi dan juga irigasi. Sungai – sungai tersebut, sebagai berikut:
  1. Sungai Gangga adalah sungai yang dikeramatkan di India. Sungai ini memilliki panjang 2.494 km. Hulu dari sungai ini di kaki pegunungan Himalaya dan bermuara di teluk Benggala.
  2. Sungai Indus atau sungai Sindhu mempunyai panjang 3.186 km. sungai tersebut berhulu di bagian barat Himalaya dan bermuara di laut Arab.
  3. Sungai Brahmaputra mempunyai panjang 2.900 km. Hulu dari sungai ini di kaki utara pegunungan Himalaya dan bermuara di teluk Benggala.

India juga memiliki hutan tropis/rimba, yakni berada di lereng barat ghats barat, pantai Malabar, lembah Hindustan, dan Assam. Untuk hutan musim dapat ditemukan di daerah yang curah hujannya agak kurang (perbatasan Hindustan dan Dekan). Sedangkan, untuk sabana dan stepa terdapat di dataran tinggi Dekan.

Iklim di India

Jika dilihat dari letak lintangnya India beriklim tropis dan subtropis. Dimana iklim tersebut banyak dipengaruhi oleh angin muson sehingga India mempunyai tiga musim yang jelas, yakni:
  1. Musim panas pada bulan Maret – Mei. Musim ini dipengaruhi oleh angin muson laut yang kering.
  2. Musim hujan pada bulan Juni – September. Dipengaruhi oleh angin muson barat daya yang banyak membawa uap air.
  3. Musim dingin pada bulan Oktober – Februari. Dipengaruhi oleh angin muson timur laut dari daratan asia yang kering dan dingin.

Sedangkan, hujan paling banyak jatuh di daerah Cherrapunji dan Himalaya yang mencapai 12.000 mm tiap tahun.

Bentuk Negara India


India merupakan negara republik dengan kepala negaranya adalah presiden. Kepala pemerintahan India adalah perdana menteri . India memiliki 27 negara bagian. Ibukota India adalah New Delhi, dan istana kepresidenannya bernama Rashrapati Bahavan.