Pengertian Anabolisme Karbohidrat

Sumber energi yang utama dan sumber serat makanan dalam komponen makanan dinamakan dengan karbohidrat. Karbohidrat tersusun atas 3 komponen, yaitu karbon (C), hidrogen (H), dan oksigen (O). Karbohidrat terdiri dari beragam jenis bergantung pada susunan atom, serta jenis ikatannya.

Ditinjau dari kompleksitas strukturnya, dibedakan menjadi kelompok karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Struktur karbohidrat kompleks, antara lain monosakarida dan disakarida. Kelompok karbohidrat kompleks, antara lain glikogen, selulosa, pati, dan hemiselulosa.

Ditinjau dari jenis panjang atau pendek rantai ikatannya, antara lain terdiri dari dekstrin yang memiliki rantai monosakarida lebih pendek dibandingkan polisakarida dan oligosakarida, antara lain rafinosa, galaktooligosakarida, stakiosa, dan fruktooligosakarida. Karbohidrat merupakan bahan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh makhluk hidup, selian protein dan lemak.

Senyawa ini bertindka sebagai cadangan makanan atau energi yang disimpan dalam sel. Pada proses pencernaan makanan, karbohidrat dapat mengalami proses hidrolis, baik di usus maupun lambung, mulut. Hasil dari proses pencernaan karbohidrat ini berupa glukosa, fruktosa, galaktosa, dan manosa, serta monosakarida lainnya.

Kemudian, senyawa – senyawa tersebut diabsorbsi melalui dinding usus dan dibawa ke hati oleh darah. Karbohidrat mengalami berbagai proses kimia di dalam tubuh dan hal tersebut berperan penting dalam tubuh makhluk hidup. Namun reaksi – reaksi ini tidak berdiri sendiri, dan saling berhubungan satu sama lain dan saling mempengaruhi.

Hubungan antar reaksi – reaksi ini melibatkan enzim – enzim yang berperan penting untuk mengatur dan mengendalikan. Metabolisme merupakan proses kimia yang terjadi pada sel. Karbohidrat merupakan pusat metabolisme pada tanaman hijau dan organisme fotosintetik lain yang memanfaatkan energi matahari untuk melalukan pembentukan karbohidrat.

Karbohidrat yang berbentuk pati dan gula berfungsi sebagai energi utama yang dikonsumsi oleh semua organisme. Pada tumbuhan karbohidrat disintesis dari CO2 dan H2O melalui proses fotosintesis dalam sel yang berklorofil dengan menggunakan bantuan sinar matahari. Karbohidrat dalam tubuh manusia dan hewan dibentuk dari beberapa asam amino, gliserol lemak, dan sebagian besar diperoleh dari makanan yang berasal dari tumbuh – tumbuhan, karbohidrat yang berada dalam sel tubuh disimpan dalam hati dan jaringan otot dalam bentuk glikogen.
Proses kimia yang terjadi dalam tubuh yang berasal dari karbohidrat mempunyai peranan penting dalma tubuh, metabolisme intermediet merupakan proses yang dialami oleh unsur – unsur makanan setelah dicerna dan diserap. Proses metabolisme digolongkan menjadi 3, yaitu
1.      Anabolisme (penyatuan atau pembentukan)
2.      Katabolisme (pemecahan)
3.      Amfibolisme (persimpangan)

Anabolisme merupakan proses sintesis molekul kompleks dari senyawa – senyawa yang sederhana secara bertahap. Proses ini membutuhkan energi dari luar, baik energi cahaya maupun energi kimia. Anabolisme yang menggunakan energi cahaya disebut dengan fotosintesis dan anabolisme yang menggunakan energi kimia disebut dengan kemosintesis.

a.       Fotosintesis merupakan proses pembentukan atau penyusunan dengan menggunakan energi cahaya atau foton. Energi cahaya yang digunakan dalam proses fotosintesis yaitu spektrum cahaya tampak, dari ungu sampai merah. Proses fotosintesis yang terjadi dalam kloroplas berlangsung melalui dua tahapan reaksi yaitu reaksi terang yang memerlukan cahaya dan reaksi gelap yang tidak memerlukan cahaya.
b.      Kemosintesis dapat terjadi pada organisme autotrof, lebih tepatnya kemo-autotrof yang mampu menghasilkan senyawa organik yang dibutuhkan dari zat-zat organik dengan bantuan dari energi kimia. Energi kimia merupakan energi yang diperoleh dari reaksi kimia yang berasal dari reaksi oksidasi.
c.       Glukoneogenesis merupakan proses pembentukan D-glukosa dari prekursor yang bukan karbohidrat, sehingga sumber karbonnya yaitu sejumlah prekursor glukenik yang terutama berasal dari asam amino-L, laktat atau gliserol.
d.      Glikogenesis merupakan pembentukan glikogen dari glukosa, jika terjadi peningkatan kadar glukosa dalam darah, maka pankreas akan mensekresi hormon insulin yang akan menstimulasi penyimpanan glukosa dalam bentuk glikogen di dalam hati dan otot.