Protista Mirip Tumbuhan

Sahabat aksespelajaran.blogspot.com, mari kita belajar tentang Biologi. Kali ini kita akan membahas tentang protista mirip tumbuhan. Simak baik – baik penjelasan di bawah ini.


Ciri – ciri yang dimiliki oleh Protista mirip tumbuhan, yaitu
1. Ukuran tubuhnya beragam dari mikroskopis sampai makroskopis.
2. Ada yang uniseluler dan ada pula yang multiseluler.
3. Memiliki dinding sel, di mana di dalam sel terdapat inti yang dilengkapi dengan membran.

Baca juga: Ciri Ciri, Struktur, Klasifikasi, Cara Hidup dan Peran Fungi atau Jamur

Jenis – jenis Protista mirip tumbuhan, yaitu
1. Pyrrhophyta atau ganggang api. Semua ganggang api memiliki dua flagel. Merupakan ganggang yang uniseluler yang hidup sebagai plankton. Mengandung klorofil a dan c, warnanya sangt bervariasi mulai dari kuning kehijauan sampai cokelat.

Kebanyakan hidup di laut dan hanya sedikit yang hidup di air tawar. Beberapa jenis ganggang api dapat bersimbiosis dengan hewan laut, seperti koral.

2. Chlorophyta atau ganggang hijau. Hidup di air tawar. Memiliki klorofil a dan b. tubuhnya bersel satu, seperti benang, lembaran, atau tumbuhan tinggi.

3. Rhodoplhytae atau ganggang merah. Mengandung pigmen klorofi a dan b, fikobilin, dan fikoeritrin. Hidup di laut dalam, terutama di laut yang beriklim panas. Dikenal dengan rumput laut.

4. Euglenophyta. Memiliki klorofil a dan b. memiliki alat gerak berupa flagella. Dapat hidup di air laut dan air tawar. Merupakan ganggang uniseluler yang hidup sebagai plankton.

5. Phaeophyta atau ganggang cokelat. Sebagian besar hidupnya di laut. Mempunyai pigmen fikosantin, karoten, dan klorofil. Memiliki makanan cadangan berupa minyak laminarin dan asam alginate. Tubuhnya panjang, mencapai beberapa meter.

6. Chysophyta atau ganggang keemasan. Warna keemasan disebabkan oleh pigmen karoten dan xantofit. Memiliki kloroplas yang kecil. Hidupnya di air tawar, laut, dan permukaan tanah yang basah.

Ada yang bersel satu, namun ada juga yang bersel banyak. Memiliki cadangan makanan berupa minyak atau lemak dan sedikit pati.

Demikian penjelasan tentang Protista mirip jamur. Semoga artikel ini dapat membantumu memahami salah satu materi dalam mata pelajaran Biologi. Selamat belajar.

referensi:
Sa’adah, L. 2015. Mini Smart Book Biologi SMP. Jakarta: KAWAHmedia.