Profil Negara Malaysia

Luas wilayah Malaysia yaitu ±330.434 km2. Malaysia beribukota di Kuala lumpur dan bentuk pemerintahannya kerajaan atau kesultanan. Kepala negara Malaysia yaitu Yang Dipertuan Agong.


Bahasa yang digunakan di Malaysia yaitu bahasa Malaysia dan bahasa Inggris. Lagu kebangsaan Malaysia yaitu Negaraku. Tanggal 31 Agustus 1957 diperinngati sebagai hari kemerdekaan Malaysia.

Mayoritas penduduk Malaysia beragama Islam. Mata uang negara ini yaitu ringgit atau dolar Malaysia. Bandar udara internasional di Malaysia yaitu Payalebarb Internasional Airport.

Wilayah Malaysia terbagi menjadi dua bagian yaitu Malaysia barat yang terletak pada semenanjung Malaysia dan Malaysia timur yang terletak di Pulau Kalimantan bagian utara. Kedua bagian tersebut dipisahkan oleh Laut Cina Selatan dan kepulauan yang termasuk wilayah Indonesia. Batas – batas wilayah Malaysia, yaitu sebagai berikut
1.      Malaysia timur berada pada posisi 10 Lintang Utara – 70 Lintang Utara dan 1090 Bujur Timur – 1190 Bujur Timur.
a.       Sebelah selatan berbatasan dengan negara Indonesia
b.      Sebelah barat berbatasan dengan Laut Cina Selatan dan Indonesia
c.       Sebelah timur berbatasan dengan Laut Sulawesi
d.      Sebelah utara berbatasan dengan negara Brunei Darusalam dan Filipina
2.      Malaysia barat, secara astronomi terletak pada 10 Lintang Utara – 70 Lintang Utara dan 1000 Bujur Timur – 1040 Bujur Timur.
a.       Sebelah selatan berbatasan dengan negara Singapura dan Indonesia
b.      Sebelah barat berbatasan dengan Selat Malaka
c.       Sebelah utara berbatasan dengan Negara Muangthai
d.      Sebelah timur berbatasan dengan Laut Cina Selatan

Malaysia timur memiliki iklim yang sama dengan Indonesia yaitu beriklim tropis dengan hujan sepanjang tahun, sedangkan Malaysia barat beriklim muson tropis. Kondisi bentangan alam di Malaysia, yaitu sebagai berikut.
1.      Malaysia bagian barat
a.       Di daerah ini terdapat deretan pegunungan tidak vulkanis, membujur di tengah – tengah tanah semenanjung dengan batuan granit dan batuan gamping
b.      Tanah rendah yang terbentang di sebelah barat deretan pegunungan merupakan daerah pertanian utama, pusat pertambangan, dan padat penduduknya.
c.       Tanah rendah yang terbentang di sebelah timur deretan pegunungan, sebagian besar berpaya – paya dan diliputi oleh hutan lebat
2.      Malaysia bagian timur
a.       Dataran rendah terbentang di sepanjang pantai, berpaya – paya, dan ditumbuji hutan bakau.
b.      Deretan pegunungan paling tinggi di kawasan Malaysia membujur dari wilayah Serawak sampai Sabah dengan puncak tertinggi bernama Gunung Kinibalu.

Penduduk semenanjung Malaysia terdiri dari orang melayu sebanyak 50%, orang cina sebanyak 37%, dan orang india sebanyak 11%, dan lainnya merupakan orang – orang eropa, erasia, dan penduduk asli. Penduduk asli Malaysia merupakan suku Sakai. Penduduk serawak terdiri dari orang dayak pesisir (50%), cina (25%) dan orang dayak pedalaman atau Melanau (7%).

Penduduk Sabah terdiri dari orang Kadasan sebanyak 28%, cina sebanyak 21%, dan Bajau sebanyak 12%. Hasil tambang adalah timah yang berpusat di Ipoh dan Kualalumpur. Sebagai negara agraris, dataran alluvial mampu menghasilkan padi sebagai tanaman pangan utama. Perindustrian terbesat di pusatkan di Pethaling Jaya dan Shah Alam, terdiri dari industri perakitan mobil, alat – alat rumah tangga, bahan makanan, ban, dan barang – barang dari plastik.

Malaysia melakukan mitra dagang dengan negara lain, seperti Jepang, USA, Indonesia, Inggris, Singapura, dan Australia. Hubungan bilateral antara Malaysia dengan Indonesia meliputi hubungan diplomatik, ekonomi, sosial budaya, transportasi dan perhubungan, dan keamanan militer. Kerja sama antara Malaysia dan Indonesia dalam skala regional yaitu aktif dalam SEA Games dan aktif dalam menggalang kerja sama ASEAN, baik bidang politik, ekonomi, maupun sosial budaya.

Hubungan Malaysia dan Indonesia dalam skala internasional yaitu berperan sert dalam organisasi – organisasi internasional, antara lain PBB, Organisasi Konferensi Islam  atau OKI, dan gerakan Nonblok atau GNB.