Profil Negara Vietnam

Setelah sebelumnya kita belajar tentang negara Filipina. Negara Filipina beribu kota di Manila. Negara ini terkenal akan penghasil beras yang terbesar di Asia Tenggara. Negara Filipina bahkan mempunyai tempat untuk penelitian padi yang terbesar di Asia Tenggara. Tempat penelitian ini didirikan oleh International Rice Research Institute disingkat dengan IRRI.

Negara Vietnam

Pembahasan kali ini akan memberikan pemaparan tentang negara Vietnam. Negara yang terletak di Asia Tenggara ini, tentu tidak ketinggalan untuk juga kita pelajari. Yuk mengenal negara Vietnam.

Negara Vietnam telah dijajah oleh Cina selama kurang lebih 1000 tahun. Kemudian, setelah mampu membebaskan diri dari Cina, negara ini kemudian harus melawan imperialisme. Imperialisme yang dimaksud adalah negara Perancis, Jepang, dan Amerika Serikat.

Sampai pada akhirnya, pada tanggal 2 September 1945, ketika telah merdeka dari Perancis, negara Vietnam terpecah menjadi dua yaitu Vietnam utara dengan ibu kota Hanoi dan Vietnam Selatan dengan ibu kota Ho Chi Minh. Namun, kini kedua negara tersebut telah menyatu menjadi Republik Sosialis Vietnam.

Kepala negara Vietnam yaitu presiden. Kepala pemerintahan negara Vietnam yaitu perdana menteri. Sedangkan, ibu kotanya yaitu Hanoi. Bahasa yang digunakan penduduk Vietnam yaitu bahasa Vietnam. Lagu kebangsaannya yaitu Forward Soldier.


Negara yang memiliki luas kurang lebih 329.560 km2 ini, secara astronomi terletak pada garis lintang antara 80 Lintang Utara sampai 220 Lintang Utara dan pada garis bujur antara 1040 Bujur Timur sampai 1080 Bujur Timur.

Batas –batas wilayah Vietnam, yaitu RRC pada sebelah utara. Sebelah timur, berbatasan dengan Teluk Tonkin dan Laut Cina Selatan. Sebelah selatan berbatasan dengan Laut Cina Selatan. Sedangkan sebelah barat berbatasan dengan Laos dan Kamboja.

Secara topografi negara Vietnam terdiri dari dataran pantai, bukit – bukit dan gunung –gunung berhutan lebat, dan dataran rendah. Lebih lanjut, sungai yang terdapat dinegara Vietnam ini bermuara pada Laut Cina Selatan dan Teluk Tonkin. Sungai Mekong di Vietnam menjadi sumber daya alam yang penting dan menjadi lahan yang subur. Sungai ini juga dikenal sebagai penghasil beras yang terpenting di dunia.

Sedangkan, gunung – gunung yang terdapat dinegara Vietnam, antara lain gunung Fan Si Pau, gunung Cota Roun, dan gunung Nui Hon Dien. Lebih lanjut, pada bagian barat laut negara Vietnam, terdapat dataran tinggi Yunan dengan puncak tertinggi yaitu Fan Si Pan. Ketinggian puncak ini mencapai 3.143 meter, di atas permukaan air laut. Kemudian dataran tinggi Annam yang membentang dari barat laut menuju tenggara.

Iklim yang berhembus di negara Vietnam yaitu iklim tropis basah, yang ditandai dengan temperatur dan curah hujan yang cukup tinggi di negara tersebut. Dengan kondisi iklim yang demikian, flora yang hidup di negara Vietnam yaitu pinus, bambu, dan tanaman yang berdaun lebar, dan hutan mangrove. Sedangkan, fauna yang hidup di negara Vietnam yaitu hewan yang bercorak Asia.

Penduduk di negara Vietnam, sebagian besar merupakan suku Vietnam, sedangkan sisanya yaitu orang Cina, Khmer, dan Thai. Angka pertumbuhan penduduk di negara Vietnam yaitu 1,3% per tahun. Kemudian, agama yang dianut oleh penduduk Vietnam yaitu Katolik, Konghuzhu, dan agama tradisional, yaitu Cao Dai.

Dalam kegiatan ekonomi, pertanian menjadi mata pencaharian yang utama bagi penduduk negara Vietnam. Sedangkan, hasil bumi dari negara Vietnam, antara lain padi, jagung, kapas, tebu, teh, dan buah – buahan. Kemudian, untuk hasil industrinya, negara Vietnam mampu menghasilkan, antara lain tekstil, semen, pupuk, dan ban. Hasil tambang negara Vietnam, yaitu emas, bijih besi, timah, fosfat, dan kapur.

Negara yang mata uangnya bernama New Dong ini juga melakukan kerjasama dengan negara Indonesia. Kerja sama yang dilakukan oleh kedua negara dalam bidang perdagangan, untuk kegiatan ekspor dan impor. Selain itu, juga dalam bidang sosial dan budaya, seperti Festival Hue pada tahun 2002 dan 2004. Di bidang pertahanan dan keamanan, kedua negara ini kerja sama dalam hal tukar menukar siswa perwira Militer.

sumber:
Sukmayani, R., dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial 3 untuk SMP/ MTs Kelas IX. Jakarta: Grasindo.
Sukanti, D., dkk. 2007. Geografi dan Sosiologi: Pelajaran IPS Terpadu untuk SMP.
Pujiastuti, S., dkk. 2007. IPS Terpadu 3B untuk SMP dan MTs Kelas IX Semester 2. Jakarta: Erlangga.
Rachmat. 2009. Ringkasan Pengetahuan Sosial untuk Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Grasindo.