Sistem Peredaran Darah Hewan

Sahabat pelajaran.click, kali ini kita akan membahas sistem peredaran darah pada hewan. Sistem peredaran darah hewan tidak sama karena didasarkan pada tingkatannya.
Sahabat Informasibelajar.com, kali ini kita akan membahas sistem peredaran darah pada hewan. Sistem peredaran darah hewan tidak sama karena didasarkan pada tingkatannya. 

Untuk memberikan pemahaman yang lebih jauh perhatikan penjelasan di bawah ini untuk memahami tentang perbedaan dari sistem peredaran darah pada hewan serangga, ikan, amfibi, burung, dan mamalia. 

Sistem Peredaran Darah Serangga

Sistem peredaran darah pada serangga terdiri dari satu pembuluh yang memanjang yang berada pada bagian punggung dan disebut dengan aorta. Bagian belakang pembuluh membesar.

Kemudian, membentuk beberapa gelembung yang disebut dengan jantung pembuluh. Sedangkan, Bagian depan dari pembuluh dinamakan dengan aorta.

Peredaran darah pada serangga dinamakan dengan peredaran darah terbuka. Hal tersebut disebabkan tidak melalui pembuluh darah. 

Darah serangga juga tidak mengandung hemoglobin. Hal tersebut menyebabkan darah serangga tidak dapat berperan dalam pengedaran oksigen. 

Adapun fungsi dari darah serangga yaitu mengedarkan sari – sari makanan dan membawa sisa- siswa metabolisme. 


Sistem Peredaran Darah Ikan

Alat peredaran darah ikan terdiri dari empat, yaitu jantung, pembuluh nadi ventral, pembuluh nadi dorsal, dan kapiler. Pada jntung ikan ada dua ruang, yaitu serambi dan bilik. Jantung ikan memiliki sinus venosus untuk menerima darah kaya karbon dioksida dari seluruh tubuh. 

Darah ikan berfungsi mengangkut sari- sari makanan, oksigen, dan karbon dioksida. Sistem peredaran darah pada ikan bersifat tunggal tertutup sebab darah hanya satu kali masuk ke dalam jantung dan selalu berada pada dalam pembuluh darah. 


Sistem Peredaran Darah Amfibi

Contoh amfibi yaitu katak dengan alat peredaran darah yang terdiri dari jantung dan pembuluh darah. Jantung katak ini terdiri dari tiga ruang, yaitu serambi kiri, serambi kanan, dan bilik. 

Katak memiliki sinus venosus untuk menampung darah yang kaya akan karbon dioksida dari seluruh tubuh. Sistem peredaran darah katak yaitu ganda tertutup, sebab darah yang melewati jantung sebanyak dua kali dan beredar ke dalam pembuluh darah. 

Sistem Peredaran Darah Reptil

Alat peredaran darah reptil terdiri dari jantung dan pembuluh darah. Kemudian, di antara dua serambi dipisahkan sekat. Namun, di antara dua biliknya dipisahkan oleh sekat yang tidak sempurna, sehingga darah pada bilik kiri dan darah pada bilik kanan masih dapat bercampur. 

Sistem Peredaran Darah Burung

Sistem peredaran darah burung hampir sama dengan mamalia dengan alat peredaran darah yang terdiri dari dua yaitu jantung dan pembuluh darah. Jantung pada burung terdiri dari empat ruang, yaitu serambi kiri, serambi kanan, bilik kiri, dan bilik kanan. 

Di antara kedua serambi dan kedua bilik tersebut terdapat sekat yang sempurna, sehingga tidak terjadi pencampuran darah di dalam jantung burung. Adapun, sistem peredaran darah burung yaitu ganda tertutup. 


Sistem Peredaran Dara Mamalia

Sistem peredaran darah mamalia umumnya sama dengan manusia. Peredaran darah mamalia paling kompleks dan sempurna. Alat peredaran darahnya terdiri dari jantung dan pembuluh darah. 

Jantung mamalia terdiri dari empat ruang yaitu serambi kiri, serambi kanan, bilik kiri, dan bilik kanan yang dibatasi oleh sekat yang sempurna. Sistem peredaran darah mamalia, yaitu ganda tertutup.

Sahabat informasibelajar.com sudah paham kan tentang sistem peredaran darah pada hewan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian dan selamat belajar. 

sumber:
Abdullah, M., Saktitoyo, dan Lutfi. 2007. IPA Terpadu SMP dan MTs Jilid 2A untuk Kelas VIII Semester 1. Jakarta: Erlangga.